Kampung Saber Ciburial

Kampung Saber Ciburial

Kampung Saber (Sabilulungan Bersih) adalah program pelestarian lingkungan yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung. Desa Ciburial di tahun 2019 ini menjadi salah satu desa yang dibentuk untuk menjadi Kampung Saber. DLH menunjuk Ansor (Cikadut) sebagai fasilitator dan melalui rekomendasi Pemerintah Desa Ciburial, saya (Epi Nuriyah) warga RW 05 Ciburial yang diberi amanat sebagai pendamping lokal.

Ini adalah titik awal perjalanan saya untuk bergerak dalam lingkungan hidup dengan cakupan wilayah 1 desa. Langkah pertama kami membentuk 20 Kader Saber yang merupakan perwakilan dari 12 RW. Diharapkan dengan begitu bisa mempermudah penyebaran informasi ke masing-masing RW mengenai Program Kampung Saber ini.

Pengkaderan itu sendiri dimaksudkan untuk membuat tim dan melaksanakan sekolah lapangan. Kami diharuskan mulai menganalisis permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan di wilayah masing-masing.

Ini tentunya dibutuhkan kepedulian, kepekaan dan kesabaran. Langkah awal sekolah lapangan Kader Saber adalah membangun kesolidaritasan, penguatan mental dan mengasah kepedulian sebelum benar-benar terjun ke lapangan. Perlahan-lahan jaringan Kader Saber mulai meluas tidak saja Kader Saber namun para pengurus RT dan RW pun mulai terlibat di dalamnya.

Di sekolah lapangan ini kami diajarkan untuk melihat potensi dan masalah lingkungan. Program Satapok (Sabilulungan Tanam Pohon Kesayangan) untuk mengembalikan penghijauan, pemanfaatan pekarangan rumah, Program LCO (Lubang Cerdas Organik) untul solusi membuang dan memanfaatkan sampah organik dan pengembalian air ke tanah dan program penanganan sampah. Dengan program-program tersebut diharapkan bisa menjadi solusi dari permasalahan-permasalahan lingkungan yang kita hadapi.

Jika melihat potensi Desa Ciburial yang merupakan desa dengan sumber daya alam yang luar biasa. Namun perlahan-lahan potensi itu akan jadi masalah dengan pesatnya pembangunan, berkurangnya penghijauan, perubahan struktur tanah dan pencemaran udara. Diperlukan keseimbangan untuk mempertahankan potensi dan sumber daya alam di Desa Ciburial.

Terlebih jika kita singgung tentang sampah, belum ada sistem yang teratur untuk mengurus sampah. Di samping minimnya kesadaran warga dalam memperlakukan sampah. Jika dibiarkan hal ini bisa menjadi masalah yang kritis dan perlahan akan menghancurkan lingkungan di Desa Ciburial.

Melalui program Kampung Saber ini diharapkan bisa jadi wadah pemersatu warga untuk menumbuhkan kesadaran bersama untuk peduli terhadap lingkungan. Demi kelangsungan hidup anak cucu dan masyarakat Desa Ciburial.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.