Warga Desa Ciburial Gelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI

Warga Desa Ciburial menggelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia pada Sabtu, 17 Agustus 2019. Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI digelar di Lapangan Baribis Desa Ciburial Kec. Cimenyan Kab. Bandung Jawa Barat.

Ratusan warga Desa Ciburial memadati Lapangan Baribis Desa Ciburial. Peserta upacara terdiri dari barisan unsur pemerintah desa, BPD, LPMD, Lembaga Desa, para Ketua RT dan RW, Kader PKK, PNS Guru, Siswa Siswi (SD, SMP, SMA), dan masyarakat se Desa Ciburial.

Bertindak sebagai inspektur upacara Ojat Kurnia (Penjabat Kepala Desa Ciburial). Sementara yang bertindak selaku Komandan Upacara yaitu Babinsa Desa Ciburial. Adapun petugas pengibar bendera pada upacara kali ini adalah Paskibra dari SMA Plus Babussalam.

Dalam amanatnya Penjabat Kepala Desa Ciburial menyampaikan ajakan, di era globalisasi ini, peertarungan yang terjadi adalah pertarungan memperebutkan wilayah ekonomi, bukan wilayah geografis seperti pada masa imperialisme dahulu. Oleh karena itu, tepat kiranya tema peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia Tahun 2019 ini, yaitu “SDM Unggul Indonesia Maju”.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI berlangsung khidmat, diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dari SMPA Plus Babussalam diiringi tabuhan Drumband dari pasukan Drumband Al Muchtariyah Babussalam.

Usai pengibaran bendera dilanjut dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur upacara. Mengheningkan cipta diiringi lagu Mengheningkan Cipta dari tim Paduan Suara Al Muchtariyah Babussalam.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan naskah-naskah. Naskah Teks Pancasila oleh Ketua LMPD, Riko Priatna; Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Wakil Ketua BPD Ciburial, Adeng Kurniawan ; dan Naskah teks Proklamasi oleh Kepala Dusun II, Dadang Sarkat.

Kemudian, tepat pada pukul 10.00 WIB sirine dibunyikan oleh inspektur upacara, diiringi pembunyian segala tabuhan yang dibawa oleh warga Desa Ciburial sebagai tanda mengenang detik-detik proklamasi.

Upacara dilanjutkan dengan amanat dari inspektur upacara dan penyampaian sambutan Bupati Bandung. Upacara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Ketua MUI Desa Ciburial, H. Syarief Abdullah, MAg.

Usai pembacaan doa, maka seluruh rangkaian acara resmi Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tingkat Desa Ciburial usai dan selanjutnya sambil istirahat dipersembahkan tiga buah lagu perjuangan oleh Paduan Suara Al Muchtariyah Babussalam diiringi tabuhan perkusi dari tim Drumband Al Muchtariyah Babussalam. Selain itu, Tim Marchingband dari SD Pakar pun turut menyemarakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI kali ini.

Acara dilanjutkan dengan karnaval Ciburial. Arak-arakan jampana dengan pengiring melintas ke lapangan upacara. Aneka kostum berbahan daur ulang dikenakan pengiring karnaval. Tim penilai pun mengamati iring-iringan tersebut untuk dituangkan di dalam form penilaian karnaval. Setelah jampana selesai dinilai, warga pun berebut aneka sayuran dan hasil pertanian lainnya yang terpasang pada jampana. ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.