Upacara Bendera HUT Ke-71 Kemerdekaan RI Tingkat Desa Ciburial

Warga Desa Ciburial Gelar Upacara Kemerdekaan
Warga Desa Ciburial Gelar Upacara Kemerdekaan

Upacara bendera dalam rangka Peringatan HUT ke-71 RI Tingkat Desa Ciburial Kec. Cimenyan Kab. Bandung, berlangsung di lapangan Balai Desa Ciburial, Rabu (17/8/2016). Pada upacara ini Kepala Desa Ciburial, Imam Soetanto, S.E. bertindak sebagai inspektur upacara.

Meskipun upacara bendera dimulai tepat pukul 08.45 WIB, namun peserta upacara sudah berkumpul di lapangan bale Desa Ciburial sejak pukul 07 WIB. Waktu jeda antara pukul 07 hingga pukul 08.45 digunakan peserta upacara untuk melakukan geladi Upacara Bendera HUT Ke-71 Kemerdekaan RI tingkat Desa Ciburial.

Peserta upacara terdiri dari barisan unsur pemerintah desa, BPD, LPMD, para Ketua RT dan RW, Kader PKK, PNS Guru, Siswa Siswi (SD, SMP, SMA), dan masayarakat se Desa Ciburial.

Upacara Bendera HUT Ke-71 Kemerdekaan RI tingkat Desa Ciburial berlangsung khidmat, diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dari SMP PGRI Dago Pakar diiringi tabuhan Drumband dari pasukan Drumband Al Muchtariyah Babussalam.

Usai pengibaran bendera dilanjut dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur upacara. Mengheningkan cipta diiringi lagu Mengheningkan Cipta dari tim Paduan Suara SMP PGRI Dago Pakar.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan naskah-naskah. Naskah Teks Pancasila oleh Ketua LMPD, Amas Masri; Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Anggota BPD Ciburial, Hilman Ruhiat ; dan Naskah teks Proklamasi oleh Perangkat Desa Ciburial, Ahmad Fitriana.

Kemudian, tepat pada pukul 10.00 WIB sirine dibunyikan oleh inspektur upacara, diiringi pembunyian segala tabuhan yang dibawa oleh warga Desa Ciburial sebagai tanda mengenang detik-detik proklamasi.

Upacara dilanjutkan dengan amanat dari inspektur upacara dan penyampaian sambutan Bupati Bandung. Upacara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Ketua MUI Desa Ciburial, H. Syarief Abdullah, MAg.

Usai pembacaan doa, maka seluruh rangkaian acara resmi Upacara Bendera HUT Ke-71 Kemerdekaan RI Tingkat Desa Ciburial usai dan selanjutnya sambil istirahat dipersembahkan tiga buah lagu perjuangan oleh Paduan Suara SMP PGRI Dago Pakar diiringi tabuhan perkusi dari tim Drumband Al Muchtariyah Babussalam.

Acara di lanjutkan dengan penilaian kreasi jampana dan pengiringnya. Setelah jampana selesai dinilai, warga pun berebut aneka sayuran dan hasil pertanian lainnya yang terpasang pada jampana. [demit/as]

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *