Daya Tarik Wisata Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Daya Tarik Wisata Desa Ciburial Kabupaten Bandung

Desa Wisata sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak anggota masyarakat untuk menikmati wisata desa di berbagai tempat di Nusantara yang memang kaya akan budaya dan keindahan alamnya yang sudah terbukti menjadi daya tarik wisata bagi para pengunjung dari dari manca negara. Satu di antara yang ada, desa wisata yang ada di daerah Jawa Barat adalah Desa Ciburial.

Desa Ciburial tepatnya berada di wilayah hukum Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Letaknya yang tidak jauh dari Kota Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, membuat Desa Ciburial memiliki daya tarik tersendiri.

Masyarakat kota Bandung dan pengunjung kota Bandung dari luar daerah bisa mengunjungi Desa Ciburial dengan bersepeda, bentuk olah raga yang segar karena menembus hawa pegunngan yang bersih, bahkan ada pula yang mengunjungi Desa Ciburial dengan jogging atau jalan santai, karena ada ruang yang layak dan punya potensi sebagimana yang disinggung dalam teori; The spatial analysis of sport tourism involves the study of the locations in which sports occur and the movement of tourists to these locations (Hinch & Higham, 2004).

Para pengunjung bisa menikmati udara segar alam pedesaan yang bisa dilewati dengan mudah, plus lingkungan pemukiman dan lahan pertanian yang berbukit-bukit dalam genggaman alam di hijau dedaunan dan berbagai macam pepohonan di hutan dan pegunungan yang bisa menambah daya tarik alam pedesaan ini dengan penghuni yang masih memegang budaya lokal yang biasa bersikap dominan kekeluargaan pada para pengunjung.

Menurut salah satu tokoh masyarakat, sejak 2010 Desa Ciburial sudah resmi menjadi Desa Wisata, sebagaimana terungkap dan tercatat dalam website Desa Ciburial; Desa Ciburial Ditetapkan Sebagai Desa Wisata melalui Keputusan Bupati Bandung (Sumarna, 2011).

Dengan demikian Desa Ciburial sebagai salah satu lokasi wisata desa yang sangat potensial karena lingkungan alamnya dan suasana desa yang bisa menjadi perhatian utama para pengunjung baik dari daerah sekitar atau dari luar daerah. Di Desa Ciburial ini sudah terjadi apa yang terungkap dalam teori; Natural Areas as a Focus for Tourism (Newsome et al., 2013)

Ringkasan
Penelitian ini bertujuan untuk menginformasikan daya tarik Wisata di Desa Ciburial yang kini sudah resmi menjadi Desa Wisata di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Dalam penjabarannya yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan berdasarkan observasi yang dilaksanakan di lokasi, menghasilkan berbagai temuan tentang daya tarik wisata sebagai potensi wisata desa yang dideskripsikan dengan jelas karena mengacu pada berbagai teori pariwisata dan penelitian sebelumnya yang menjadi sumber acuan utama dalam penulisan.

Keramahan warga dalam keakraban dan kekeluargaan khas perkampungan Jawa Barat, air pegunungan yang bersih dan bening, kuliner lokal yang khas yang tersaji di berbagai warung, madu lebah yang diambil langsung dari sarangnya dan edukasi cara beternak lebah madu, bahkan untuk melakukan olahraga ringan di alam terbuka yang disertai tiupan angin sepoy-sepoy dan suara-suara marga satwa dan ternak warga menjadi hal-hal yang menonjol di aktifitas wisata desa di Desa Ciburial yang kini sudah menjadi magnet banyak wisatawan untuk berkunjung dan menikmati hal-hal yang alami di alam pedesaan yang kental dengan hawa pegunungan yang bersih dan hutan yang tentunya sangat layak dinikmati dalam wisata desa sebagai aktifitas liburan dan penyegaran dari kejenuhan keseharian.

Berikut kami bagikan Artikel berjudul, “Daya Tarik Wisata Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung”, sebagaimana dimuat dalam Jurnal Kajian Pariwisata (JKP) e-ISSN: 2686-2522 | Volume 4 No. 2 | September 2022: 80-87 yang bisa Anda baca/download secara gratis berikut ini:

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: