Pengalaman Berwisata di Desa Wisata Ciburial

Menciptakan Pengalaman Berwisata di Desa Wisata Ciburial

Pengembangan pariwisata pada dasarnya tidak akan dapat terlepas dari peran masyarakat setempat. Pengembangan suatu daya tarik dan kawasan wisata mutlak membutuhkan dukungan dan peran serta masyarakatnya. Salah satu desa yang terus mengembangkan pariwisatanya adalah Desa Ciburial di Kabupaten Bandung.

Kondisi geografis yang berupa perbukitan membuat Desa Ciburial memiliki panorama alam yang sangat indah, pada siang maupun malam hari. Di siang hari wisatawan dapat menikmati keindahan alam perbukitan dan cekungan Bandung.

Sedangkan di malam hari, dapat menikmati sajian tebaran sinar lampu indah seolah berada dalam mangkuk raksasa Kota Bandung. Selain pemandangan yang indah, Desa Ciburial juga menyediakan fasilitas vila, café yang menyajikan kuliner bercita rasa lokal maupun nasional.

Tidak kalah menariknya adalah kegiatan peternakan sapi, dan peternakan lebah madu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Desa Ciburial memiliki komponen pariwisata yang lengkap.

Namun kegiatan pariwisata di Desa Ciburial Kabupaten Bandung ini belum optimal, di mana tingkat kunjungan masih rendah. Oleh karena itu Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) memandang bahwa di Desa Ciburial perlu dilakukan pelatihan-pelatihan sebagai bagian strategi menciptakan pengalaman yang baik bagi wisatawan yang dating ke desa tersebut. Tujuan pelatihan agar pengelola atau masyarakat memahami bahwa penting untuk membangun pengalaman wisatawan yang baik.

Agar bisa memenuhi apa yang didambakan oleh wisatawan yakni pengalaman yang berkesan, maka pengelola pariwisata harus mampu menyesuaikan dan merancang ulang pelayanan-pelayanan mereka. Sebuah pemahaman akan pengalaman wisatawan menjadi sangat penting untuk perancangan pelayanan yang baik. Karena pengalaman wisatawan merupakan produk inti dari industri pariwisata, maka diperlukan pengertian yang baik akan pengalaman wisatawan tersebut baik secara konseptual maupun secara praktis.

Ringkasan

Desa Ciburial adalah salah satu Desa Wisata yang ada di Kabupaten Bandung yang memiliki sumber daya alam dan budaya yang mendukung. Salah satu permasalahan yang ada di Desa Wisata Ciburial adalah pada aspek pengelolaan dan layanan pengunjung khususnya bagaimana menciptakan pengalaman wisatawan.

Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada pengelola Desa Wisata terkait bagaimana menciptakan pengalaman berwisata bagi para wisatawan sehingga akan menimbulkan memori atau kenangan yang berdampak pada kepuasan wisatawan.

Metode yang digunakan berupa penyuluhan berkala dan pola pendampingan berbasis masyarakat. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Juli-September 2021 yang melibatkan para pengelola Desa wisata Ciburial dari berbagai sektor.

Hasil dari kegiatan ini adalah peserta menghasilkan peta lokasi wisata dan sebaran potensi wisata yang dimiliki. Selain itu peserta mendapatkan pelatihan simulasi terkait dengan memberikan layanan wisata optimal dalam penciptaan pengalaman berwisata.

Berikut kami bagikan Artikel berjudul, “Strategi Menciptakan Pengalaman Berwisata di Desa Wisata Ciburial”, sebagaimana dimuat dalam Jurnal BEMAS: JURNAL BERMASYARAKAT p ISSN 2745 5866 | e ISSN 2745 7958 Volume 3, Nomor 1, September 2022, hlm 65-72 yang bisa Anda baca/download secara gratis berikut ini:

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: