Kegiatan Praktikan STKS Bandung dengan Karang Taruna


Pada pelaksanaan Praktikum III ini, mahasiswa dilatih agar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan praktik pekerjaan sosial makro terkait kegiatan pengembangan masyarakat (PMKS dan PSKS), analisis kebijakan sosial (penentu dan pelaksana kebijakan, penerima manfaat dan kelompok peduli) dan pengabdian masyarakat. Mahasiswa praktikan juga diharapkan bisa memahami dan menguasai proses inisiasi sosial, asesmen, perencanaan, intervensi dan membuat rekomendasi terhadap pemasalahan yang dihadapi masyarakat.

Berikut ini beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Parkatikan (Mahasiswa Paraktikum III STKS Bandung) di Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, khususnya yang terkait dengan Karang Taruna Desa Ciburial.

  1. Sosialisasi terkait penyuluhan dan revitalisasi organisasi karang taruna Desa Ciburial.

    Kegiatan sosialisasi ini dilakukan oleh praktikan bersama dengan beberapa stakeholders unit RW untuk memberitahukan bahwa adanya pembekalan pemahaman terkait peningkatan pemahaman tentang karang taruna, baik itu bagi para pemuda, maupun pengurus karang taruna periode sebelumnya.  Serta dipublikasikan bahwa akan adanya rencana kegiatan dalam membentuk karang taruna baru. Kegiatan ini telah terlaksana selama perencanaan program yakni 3 hari, yakni pada tanggal 13-15 Maret 2017.

    kegiatan sosialisasi pembinaan karang taruna desa Ciburial

    Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Karang Taruna Desa Ciburial

    Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Karang Taruna Desa Ciburial

    Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Karang Taruna Desa Ciburial

  2. Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Melalui Gerakan Pembinaan dan Penyuluhan Kepemudaan Terkait dengan Materi Pedoman Dasar Karang Taruna (Permensos nomor 77/HUK/2010).

    Dalam kegiatan pembinaan dan penyuluhan tentang organisasi karang taruna ini praktikan bekerjasama dengan tim kecil (staff desa dan beberapa perwakilan pemuda) untuk mengadakan pembinaan dan pembekalan pemahaman kepada para pemuda maupun perwakilan pengurus karang taruna peiode sebelumnya. Dimana praktikan juga bekerjasama dengan narasumber (dalam hal ini atas rekomendasi Dinas Sosial Kabupaten Bandung) adalah Drs. Yanuar Mewengkang selaku Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Bandung yang mengisi pembekalan materi dasar karang taruna. Sehingga dengan pembinaan dan pembekalan materi ini para pemuda ataupun perwakilan karang taruna periode sebelumnya, yang mana mereka terbuka wawasannya untuk mengembangkan organisasi Karang Taruna. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Hari Kamis, 16 Maret 2017.

    Pelaksanaan Penyuluhan dan Pembinaan Karang Taruna

    Pelaksanaan Penyuluhan dan Pembinaan Karang Taruna

    Pelaksanaan Penyuluhan dan Pembinaan Karang Taruna

    Pelaksanaan Penyuluhan dan Pembinaan Karang Taruna

  3. Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Pemuda Desa dengan Perangkat Desa.
    Kegiatan Rakor Pemuda bersama Perangkat Desa

    Kegiatan Rakor Pemuda bersama Perangkat Desa

    Kegiatan adanya rapat koordinasi ini dilakukan oleh praktikan bersama dengan pihak desa. Dalam pembahasan rapat koordinasi ini adalah untuk menjabarkan hasil kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh praktikan kepada pihak Pemerintah Desa Ciburial terkait dengan fokus pembinaan pemuda menuju revitalisasi karang taruna desa. Pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi tingkat desa ini akan dilakukan pada minggu kedua dibulan April 2017. Adapun yang hadir dalam pertemuan ini yakni perwakilan karang taruna sebelumnya, beberapa perwakilan delegasi unit RW, serta staff/pihak Pemerintah Desa Ciburial ***.

[INA]

Informasi Terkait:


Tentang Desa Ciburial

Desa Ciburial merupakan salah satu desa di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Desa ini merupakan desa yang berada paling utara di Kabupaten Bandung. Berbatasan langsung dengan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *