Jaga Lingkungan di Musim Hujan: Photo oleh Jill Wellington dari Pexels

Yuk, Jaga Lingkungan di Musim Hujan

Jaga Lingkungan di Musim Hujan: Photo oleh Jill Wellington dari Pexels
Jaga Lingkungan di Musim Hujan: Photo oleh Jill Wellington dari Pexels

Di musim hujan ini, hujan turun hampir setiap hari. Bahkan di beberapa wilayah curah hujan terjadi dengan intensitas lebat dan menyebabkan banyak hal seperti rumah bocor, pohon tumbang, serta banjir.

Saat musim hujan, lingkungan menjadi lebih rentan. Pada musim hujan lingkungan mudah kotor dibandingkan saat musim kemarau. Ini disebabkan karena kelembaban udara yang tinggi sehingga membuat sampah-sampah jadi mudah membusuk dan akhirnya menjadi sarang kuman.

Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai tempat, dan bisa menimbulkan berbagai penyakit. Dengan kondisi tersebut, perlu kesadaran bersama untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, terutama di musim hujan ini.

Lingkungan sekitar adalah bagian penting dari kehidupan kita. Lalu, hal-hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan pada musim hujan?

Berikut ini ada beberapa hal yang penting dilakukan untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan di saat musim hujan:

  1. Mulai dari sekitar rumah tinggal
    • Benahi semua genteng atau atap rumah yang bocor

      Jika ada genteng atau atap rumah yang bocor segeralah untuk memperbaikinya, baik oleh sendiri maupun meminta bantuan jasa tukang. Jika perlu, cek semua genteng rumah untuk mencegah kebocoran. Hal ini sangat penting agar rumah tidak tergenang air dan menimbulkan kesusakan rumah yang lebih luas.

    • Pastikan saluran talang air lancar

      Di musim penghujan seperti ini pastikan saluran air tidak ada yang tersumbat oleh kotoran ataupun sampah. Hal ini untuk mencegah adanya genangan air.

    • Hindari genangan air di sekitar rumah

      Hal lain yang harus mendapat perhatian adalah dengan mengecek lingkungan sekitar seperti, taman, tempat penampungan air, bagian belakang rumah dan lain sebagainya. Pastikan lingkungan sekitar rumah tidak terdapat genangan air. Jangan lupa untuk menguras bak mandi serta mengubur kaleng-kaleng bekas. Hal ini sebagai bentuk antisipasi, karena genangan air bisa menjadi rumah bagi jentik-jentik nyamuk dan menyebabkan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, seperti demam berdarah.

    • Buang sampah pada tempatnya

      Musim hujan seperti ini selain membawa air yang banyak karena curah hujan yang cukup tinggi, juga banyak membawa sampah dari lingkungan sekitar seperti batang pohon, plastik, botol minuman, lumpur dan lain sebagainya. Pastikan untuk selalu membersihkan sampah-smapah tersebut, jangan sampai menghambat selokan untuk jalanya air.

  2. Lingkungan antar warga
    • Bersihkan selokan tempat pembuangan air

      Kerja bakti, bergotong royong membersihkan selokan atau tempat pembuangan air bersama warga penting dilakukan. Tidak hanya lingkungan sekitar rumah saja yang dibersihkan, namun juga seluruh lingkungan warga. Pastikan semua selokan pembuangan air tidak ada yang tersumbat, agar aliaran air hujan bisa berjalan lancar. Hal ini dilakukan agar tidak terdapat genangan air yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit, banjir, bahkan longsor.

    • Buang sampah pada tempatnya

      Satu lain yang harus mendapatkan perhatian bersama-sama seluruh warga adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Walau sudah banyak peringatan ataupun informasi mengenai dampak dari membuang sampah sembarangan, nyata nya masih ada diantara kita yang membuang sampah sembarangan, seperti di kali, got, dan lain sebagainya. Hal inilah yang terkadang membuat lingkungan anda banjir. Untuk itu diperlukan kesadaran tinggi para warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

    • Waspada gejala tanah longsor (retakan, penurunan tanah)

      Segera menutup retakan tanah dan dipadatkan agar air tidak masuk ke dalam tanah melalui retakan. Jika menemukan ada gejala tanah longsor yang tidak bisa diatasi sendiri, segera koordinasikan dengan pengurus RT/RW setempat untuk ditindaklanjuti.***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 pemikiran di “Yuk, Jaga Lingkungan di Musim Hujan”