Dirjen PDP Kemendes Apresiasi Inovasi Program Masagi Desa Ciburial

Dirjen PDP Kemendes Apresiasi Inovasi Program Masagi Desa Ciburial

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Sugito mengapresiasi inovasi program Masagi Desa Ciburial. Apresiasi tersebut disampaikan pada kegiatan kunjungan serta diskusi bersama Pemerintah Desa dan BPD Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung pada Sabtu, 10 September 2022 di Bale Desa Ciburial.

Desa Ciburial memiliki Slogan yakni Masagi (Maju, Sauyun, Giat) dimana slogan tersebut direpresentasikan dalam program-program brilian yang dijalankan di Desa Ciburial. Desa Ciburial dapat dijadikan sebagai Desa Percontohan dimana memiliki beragam inovasi yang dapat di replikasi di desa-desa lain.

Dalam kunjungan kali ini, Dirjen PDP mengapresiasi beberapa inovasi program yang telah dijalankan yakni Masagi Sarjana dan Masagi Aplikasi yang dinilai sangat baik karena Pemerintah Desa mampu menemukenali potensi yang dimiliki oleh desa untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Hal ini dikarenakan aset yang dimiliki sebenarnya tidak besar, sumber daya yang dimiliki juga terbatas, namun Desa Ciburial mampu memberikan output yang sangat besar dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat desa.

Masagi Aplikasi yang secara mandiri diinisiasi Pemerintah Desa sangat bermanfaat menjadi backup data secara terpusat untuk membantu proses pembangunan desa.

Masagi Sarjana telah berhasil memberangkatkan kurang lebih 100 mahasiswa dengan upaya persuasif yang dilakukan Pemerintah Desa Ciburial melalui kerja sama dengan pihak kampus untuk memfasilitasi beasiswa melalui mekanisme KIP Kuliah.

Bagaimana Desa Ciburial dapat menemukenali masalah dan potensi yang mereka miliki, menjadikan mereka berdikari sebagai owner pembangunan di desa mereka sendiri. Hal-hal baik ini diharapkan mampu mendorong desa-desa lain melakukan benchmarking dan disesuaikan dengan karakteristik desanya masing masing.***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: