5 Tips Foto dengan Kamera Handphone

5 Tips Foto dengan Kamera Handphone

5 Tips Foto dengan Kamera Handphone
5 Tips Foto dengan Kamera Handphone

Mengambil foto dengan kamera handphone kini bukan hal yang aneh lagi. Bahkan hasilnya pun bisa disandingkan dengan hasil kamera mirrorless maupun DSLR sekalipun jika ditampilkan di sosial media seperti Instagram.

Beberapa travel fotografer pun banyak yang menggunakan handphone sebagai salah satu alat yang digunakan untuk mengambil gambar. Handphone dianggap lebih praktis, ringan dan bisa kapan saja digunakan dan dengan mudah bisa langsung diunggah ke sosial media. Itulah sebabnya kini kamera handphone semakin ditingkatkan spesifikasinya untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

Ada beberapa tips ringan yang bisa kamu praktikkan untuk mendapatkan foto bagus meskipun dengan menggunakan kamera handphone.

  1. Gunakan Aplikasi Ketiga

    Aplikasi ketiga bisa diunduh dengan sangat mudah. Kamu bisa mengunduhnya melalui Play Store atau App Store bagi pengguna iPhone. Beberapa aplikasi membuat foto kamu nampak sangat menarik. Misalnya saja seperti aplikasi VSCO atau Instagram yang memiliki filter sendiri sehingga pengguna akan lebih mudah memilih pengaturan olahan foto yang tepat dengan sangat mudah.

    Selain aplikasi tersebut, kamu juga bisa menggunakan aplikasi editing foto misalnya seperti Snapseed atau Adobe Photoshop Lightroom CC yang bisa diunduh secara gratis oleh pengguna handphone Android. Dengan beberapa sentuhan editing sederhana saja, foto kamu akan lebih menarik bahkan lebih dramatis dari kondisi aslinya.

  2. Ikuti Aturan Rule of Thirds

    Salah satu teori yang wajib diketahui oleh pengguna kamera handphone adalah aturan dasar Rule of Thirds. Aturan ini tidak baku namun akan membuat foto kamu mendapatkan komposisi yang lebih menarik.

    Dengan bantuan 2 garis vertikal dan 2 garis horizontal yang membentuk seperti tabel dengan 9 kotak, Rule of Thirds akan semakin mudah diaplikasikan. Obyek foto bisa ditempatkan pada titik-titik persilngan pada pertemuan antara garis-garis horizontal dan garis vertikal sehingga menciptakan penempatan dan komposisi foto yang apik dan menarik.

  3. Latih Pengaturan Manual

    Pengaturan manual dengan menggunakan kamera handphone pun amat disarankan untuk mendapatkan foto yang maksimal. Terkadang pengaturan auto meskipun lebih mudah tapi hasil fotonya jadi kurang maksimal. Tak sedikit fotografer yang mengandalkan handphone mereka untuk mengambil beberapa obyek atau gambar menarik.

    Beberapa fotografer travel memang banyak mempercayakan kamera iPhone dibandingkan dengan Andorid. Terlebih saat ini sedang tren handphone dengan dual kamera seperti iPhone 8 atau iPhone X yang dibanderol sampai dengan Rp 15 juta. Hasil kameranya memang bisa disandingkan dengan kamera profresional. Namun bukan berarti handphone Android juga tidak bisa unjuk gigi. Misalnya saja ada beberapa jajaran handphone dengan kamera bagus seperti Samsung Galaxy A8 Plus atau Huawei Mate Pro yang mengusung fitur kamera yang mumpuni.

    Baik iPhone maupun Android, kamu bisa mempercayakan pada Kredivo untuk membeli handphone idaman dengan kamera memukau. Dengan opsi “bayar dalam 30 hari” dan “cicilan, kamu bisa mengajukan kredit hp online tanpa survey dengan mudah. Cukup unduh aplikasinya di Playstore atau App Store, sambungkan akun Facebook kamu, kemudian pilih metode pembayaran dalam 30 hari atau cicilan hingga 12 bulan. Jika kamu memilih “bayar dalam 30 hari”, maka kamu hanya perlu mengunggah foto KTP dan menyambungkan satu akun e-commerce. Apabila kamu memilih opsi pembayaran “cicilan”, maka kamu harus menyambungkan akun internet banking-mu juga. Setelah itu, kamu tinggal menunggu proses approval yang memakan waktu maksimal 1 x 24 jam saja.

  4. Gunakan Burst Mode untuk Memotret Obyek yang Bergerak

    Meskipun fitur burst mode sudah ada sejak lama namun sedikit sekali yang menyadari fungsinya. Fitur ini bisa digunakan untuk memotret obyek yang bergerak seperti saat berwisata di Taman Safari atau kebun binatang dan kamu hendak mendapatkan gambar satwa liar yang sedang berjalan atau bergelantungan di pohon.

    Dengan fitur burst mode, kamu bisa mendapatkan gambar yang paling tepat dari beberapa kali gambar yang diambil. Fitur burst mode memudahkan kamu untuk mengambil lebih dari 10 kali gambar hanya dalam satu kali sentuhan shutter saja.

  5. Gunakan Tombol Headphone sebagai Tombol Shutter

    Agar foto tidak blur dan tetap fokus pada obyek, kamu bisa menggunakan headphone kamu. Umumnya tombol pada headphone sudah terkoneksi dengan handphone sehingga bisa digunakan untuk tombol shutter jarak jauh. Namun perlu dilakukan sedikit pengaturan terlebih dahulu untuk bisa mengaktifkannya. Fitur ini bisa membuat hasil gambar kamu jadi lebih kece dan menarik tanpa khawatir gambar yang dihasilkan berbayang atau blur.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan foto terbaik dengan kamera handphone. Agar bisa mendapatkan foto yang lebih menarik lagi, kamu perlu memilih handphone yang memiliki kamera terbaik. Soal harga, kamu bisa mengandalkan fasilitas kredit hp online tanpa survey dari Kredivo yang sudah bekerja sama dengan 150 e-commerce merchant seperti Lazada, JD.id, Bukalapak, Shopee, dan Blibli sehingga kamu jadi lebih banyak pilihan untuk mendapatkan handphone idaman kamu selama ini dengan cara yang lebih praktis dan mudah. ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: