Kreativitas Menata Kampung di Tengah Pandemi

Semangat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2020, terasa sangat berbeda dirasakan pada tahun ini, dikarenakan wabah pandemi Covid 19 yang masih melanda Indonesia dan dunia, sehingga banyak kegiatan-kegiatan yang ditiadakan termasuk kemeriahan HUT RI yang biasanya selalu diadakan upacara peringatan kemerdekaan, dan perlombaan-perlombaan demi menekan penyebaran virus corona.

Tetapi walaupun demikian, semangat kemerdekaan tidak membuat kreativitas menjadi terbatas, sebagaimana kreativitas yang dilakukan oleh beberapa warga dan pemuda Kmp. Pakar Barat RT 01 / RW 07 Desa Ciburial Kec.Cimenyan Kab.Bandung.

Disaat pembatasan wilayah diberlakukan para warga dan pemuda, memanfaatkan benteng di sepanjang jalan Ciogong, yang penuh dengan corat-coret vandalisme disulap menjadi benteng yang warna-warni dengan lukisan serta menyisipkan kata-kata positif yang mengedukasi, diantaranya tentang bahaya virus Covid – 19.

Salah satu inisiator kegiatan ini adalah Nana Rohana, seorang korban PHK karena dampak Covid 19, mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kesadaran akan pentingnya memperindah lingkungan dan menumbuhkan semangat kreativitas warga, khususnya para remaja dan pemuda Kmp. Pakar Barat agar tetap berkreativitas dan peduli serta sadar akan lingkungan walaupun di tengah pandemi Covid 19.

Beliau menceritakan bahwa kegiatan ini murni dari swadaya dan gotong royong bersama antar warga dan pemuda yang tergugah setelah melihat kegiatan ini dilaksanakan, serta beliau menambahkan bahwa apa yang telah dilakukannya ini adalah permulaan saja, karena belum semuanya benteng-benteng tersebut diperindah, kedepannya beliau bersama warga dan pemuda merencanakan, untuk terus mempercantik benteng-benteng di sepanjang jalan Ciogong seluruhnya dengan lukisan-lukisan 3D dan lampion-lampion di atasnya, oleh karena itu beliau mengajak kepada siapapun, pihak-pihak yang tertarik untuk bergabung dalam kegiatan ini, demi menjadikan Kampung Pakar Barat sebagai Kampung Kreativitas serta Kampung yang ramah anak.***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Satu pemikiran di “Kreativitas Menata Kampung di Tengah Pandemi”