Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Bandung Tahun 2011

Penyelenggaraan Pasanggiri Mojang-Jajaka (Moka) tingkat Kabupaten Bandung tahun 2011 jauh lebih sederhana dibandingkan tahun sebelumnya. Pasanggiri Moka kali ini juga merupakan yang pertama kali diikuti hanya 31 kecamatan pasca pemekaran Kab. Bandung Barat.

Kesederhaaan acara kali ini terlihat dari rangkaian acaranya yang tak terlalu gebyar. Tak ada pawai para finalis Mojang-Jajaka (Moka) mengelilingi Kota Soreang seperti tahun lalu. Begitu juga tempat pelaksanaan pasanggiri yang tiap tahun biasa digelar di Gedung Moh. Toha dengan kapasitas besar, kini digelar di Gedung Dewi Sartika Pemkab Bandung yang lebih kecil.

Hadiah utama yang diperebutkan juga mengalami "penurunan". Jika sejak beberapa tahun lalu masing-masing Moka Pinilih mendapatkan sepeda motor Yamaha (Jupiter MX dan Mio) maka tahun ini hanya sepasang sepeda motor listrik buatan Cina.

"Kesederhanaan ini karena memang terdapat keterbatasan anggaran. Beberapa potensi sponsor yag berada di wilayah Kab. Bandung Barat kini tak lagi memberikan andil dalam penyelenggaraan ini," kata Kabid Pariwisata, Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata (Dispopar) Kab. Bandung, Heri Partomo.

Namun demikian, jumlah peminat pasanggiri ini mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya. Menurut Heri Partomo, terdapat 133 jumlah pendaftar, atau kenaikan sebesar 10% dari 31 kecamatan. "Yang masuk grand final hari ini yaitu 40 orang, atau 20 orang dari kategori dewasa dan 20 orang remaja," kata Heri saat ditemui di sela-sela persiapan pembukaan pasanggiri, Senin (11 Agustus 2011) pagi.

Terdapat lima orang juri yang akan memilih yang terbaik di antara 40 peserta itu. Grand final sekarang merupakan puncak acara dari rangkaian Pasanggiri Mojang-Jajaka (Moka) Kabupaten Bandung sejak Selasa (29 Juli 2011) lalu. Proses seleksi pada babak akhir ini sangat memakan waktu. Hasil pasanggiri baru akan ditentukan dewan juri petang nanti.

 

Berikut ini Rangkaian Acara Pasanggiri Mojang-Jajaka (Moka) tingkat Kabupaten Bandung tahun 2011:

Waktu Pendaftaran : Tanggal 1-20 Juni 2011 | Hari senin – Jumat (09.00 -15.00 WIB)

Tempat Pendaftaran: Kantor Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata Kabupaten Bandung | Komplek Pemda Kab.Bandung Jl.Raya Soreang km 17

Persyaratan Peserta: Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran, menyerahkan pas photo 4×6 sebanyak 3 buah, dan foto close UP 4R seluruh badan 2 buah, Menyerahkan surat rekomendasi dari kecamatan, Mendapat surat persetujuan orang tua wali, Menyerahkan photo copy KTP / Kartu Pelajar / KTM, Menyerahkan Surat Keterangan Sehat / bebas narkoba dari dokter / puskesmas.

Persyaratan Usia: -Remaja : 15 – 17 tahun, -Dewasa : 18 – 24 tahun

Tinggi Badan Minimal untuk Kategori Dewasa : -Mojang : 165 cm,  -Jajaka  : 170 cm

Berikut ini para Finalis Mojang Jajaka (Moka ) Kabupaten Bandung Tahun 2011: (klik pada gambar untuk memperbesar tampilan)

 

Sumber: HU Pikiran Rakyat dan Website Dispopar Kab. Bandung

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *