Kue Cubit Cemilan Tradisional Enak dan Sehat

Kue Cubit Cemilan Tradisional Enak dan Sehat

Kue Cubit Cemilan Tradisional Enak dan Sehat
Kue Cubit Cemilan Tradisional Enak dan Sehat

Siapa yang tidak kenal kue cubit? Tentu kita sudah pernah mendengar makanan legendaris yang biasa kita nikmati di sekolah dasar pada saat sekolah dulu. Pada beberapa waktu yang lalu, makanan ini sempat naik daun kembali dan ramai di perbincangkan.

Pasalnya Anda bisa melakukan berbagai kreasi dengan berbagai toping serta campuran yang tentu akan membuat Anda tidak pernah bosan dengan makanan ini. Nah, jika Anda ingin mencoba membuat sendiri di rumah, berikut resep cemilan sehat dari kue cubit:

Peralatan dan Bahan :

  • Peralatan : kompor, pencetak kue cubit, Mixer, kuas, sendok dan garpu
  • Bahan : Tepung terigu, telur, soda kue, baking powder, perasa makanan, blue band, gula, air, ceres dan aneka toping lainnya.

Cara membuat adonan :

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengocok telur terlebih dahulu hingga mengeluarkan buih. Untuk memudahkan hal tersebut, Anda bisa menggunakan mixer ataupun dengan sendok dengan dikocok secara cepat hingga merata. Setelah itu, masukan tepung, blueband, gula, dan air kemudian kocok kembali. Masukan sedikit baking powder dan soda kue, aduk hingga merata.
  • Setelah adonan siap, Anda bisa menambahkan berbagai toping yang sesuai dengan kegemaran Anda. Misalnya dengan perasa mocca ataupun green tea yang sedang naik daun. Namun kendati demikian, tentu jangan seluruh adonan diberikan perasa tersebut. Hal tersebut agar Anda bisa mengganti ganti perasa yang sesuai dengan keinginan Anda.

Cara memasak :

  • Setelah memberikan perasa terhadap adonan, siapkan pencetak kue cubit dengan api yang kecil. Jika pencetak sudah cukup panas, oleskan blue band terhadap pencetak kue secukupnya, dan masukan adonan kedalam pencetak.
  • Jika Anda ingin menggunakan toping seperti ceres ataupun berbagai toping lainnya, Anda bisa menaburkannya ketika kue cubit belum matang. Hal tersebut agar toping yang Anda taburkan menempel terhadap adonan. Setelah menunggu kurang lebih 5-10 menit dan memiliki warna yang sedikit kuning dengan tekstur empuk. Kemudian angkat menggunakan spantula khusus kue cubit, ataupun menggunakan sendok. Kue cubit yang sudah matang siap di santap.
  • Selain itu bagi Anda yang ingin membuat kue cubit tersebut dengan setengah matang, biasanya membutuhkan waktu 2 menit. Kue cubit yang sudah diberikan toping biasanya akan terlihat mengental pada bagian atas, namun memiliki tekstur sedikit lembek.
  • Selain bisa dimasak dalam bentuk sedikit bulat, ternyata kue cubit juga bisa Anda variasikan misalnya seperti membuat jaring laba-laba. ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *