Desa Wisata Ciburial

Desa Wisata merupakan sektor pariwisata yang potensinya banyak dikembangkan masyarakat Indonesia. Kekayaan alam yang melimpah, keunikan budaya lokal menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Sektor pariwisata menjadi salah satu penyumplai pendapatan daerah yang cukup besar bagi daerah-daerah di Indonesia.

Masyarakat di berbagai daerah, kini mulai mengoptimalkan sektor pariwisata dengan membangun kawasan desa wisata sesuai potensi daerahnya masing-masing. Keberadaan desa wisata diharapkan dapat mengajak para wisatawan lokal maupun internasional untuk lebih mengenal kekayaan alam, budaya, maupun tradisi masyarakat di berbagai pelosok desa.

Desa wisata, diharapkan bisa memperkenalkan tradisi dan budaya lokal kepada masyarakat luas serta mengangkat perekonomian masyarakat desa tersebut.

Beragam paket wisata dan aneka program desa wisata pun kini mulai ditawarkan masyarakat pedesaan bagi para wisatawan lokal maupun internasional.

Untuk mengenal lebih dekat potensi desa wisata, khususnya Desa Wisata Ciburial, berikut adalah gambaran singkat potensi Desa Wisata Ciburial

Desa Wisata Ciburial
Desa Ciburial merupakan desa yang kondisi geografisnya berupa perbukitan, menjadikan Desa Ciburial memiliki panorama alam yang sangat indah, baik di siang hari maupun di malam hari. Di siang hari sepanjang mata memandang dapat dinikmati keindahan alam perbukitan serta cekungan Bandung. Sedangkan di malam hari, berupa sajian lampu-lampu indah seolah berada dalam mangkuk raksasa kota Bandung.

Keindahan Alam Di Siang Hari dari Desa Ciburial
Keindahan Alam Di Siang Hari dari Desa Ciburial

Keindahan panorama tersebut dibalut dengan suhu udara yang sejuk sehingga siapapun yang menikmati keindahan panorama dari Desa Ciburial akan mendapat sensasi keindahan dan kenyamanan yang tiada tara. Suasana seperti inilah yang menjadikan kawasan Desa Ciburial dijamuri rumah-rumah usaha.

Rumah-rumah usaha seperti wisata kuliner, dimana terdapat cafe, resto, dan rumah makan yang bercita rasa lokal dan internasional; penginapan, seperti villa bahkan ada beberapa komplek perumahan di ujung Desa Ciburial; sanggar seni dan budaya: Galeri Selasar Sunaryo, Galeri Sudjana Kerton; rumah usaha lainnya: ada beberapa pabrik tahu, peternakan lebah madu, kampung ternak (peternakan sapi).

Pemandangan Malam Hari dari Desa Ciburial
Pemandangan Malam Hari dari Desa Ciburial

Selain rumah usaha, ada juga berbagai komunitas yang mengusung unsur budaya Sunda seperti Komunitas Batur Ulin, Komunitas Hong, Padepokan Parukuyan, Paguyuban Pamuda Sekebuluh, Sanggar Rhosantika.

Wisata alam dan wisata olah raga di Desa Ciburial: terdapat banyak jalur (trek) dan kontur tanah itu sendiri yang berkontur tinggi, cocok untuk hiking, trekking, dan downhill atau untuk trek sepeda biasa.

Trekking Sepeda di Desa Ciburial
Trekking Sepeda di Desa Ciburial

Wisata Pendidikan di Desa Ciburial: terdapat Pesantren Babussalam, Kampus II UNISBA (tidak ada aktivitas perkuliahan rutin, biasanya digunakan untuk kegiatan pelatihan dan sejenisnya).

Tidaklah mengherankan jika banyak investor alias pemilik kapital (modal) dalam dan luar kota atau bahkan investor asing berminat untuk membuka usaha di Desa Wisata Ciburial.

8 pemikiran di “Desa Wisata Ciburial”

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *