Desa Adalah Masa Depan Dunia

Desa Adalah Masa Depan Dunia

Desa Adalah Masa Depan Dunia
Desa Adalah Masa Depan Dunia

Film Pendek “Satu Bumi untuk Masa Depan” atau “Desa Adalah Masa Depan Dunia” adalah film dokumenter yang lahir untuk turut serta memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022.

Tentang nilai kesadaran universal terkait lingkungan. Untuk membawa dan mewujudkan keberadaan kita sebagai spesies. Sebuah dokumenter yang menyampaikan pesan-pesan mengenai lingkungan yang dibuat untuk audiens Indonesia.

Judul lain dari Film Pendek ini adalah “Desa Adalah Masa Depan Dunia”. Kenapa masa depan dunia ada di desa? Setidaknya ada tiga komoditas strategis yang tak ada di kota, tapi dimiliki desa. Komoditas strategis tersebut, yaitu:

Pertama, desa punya udara bersih. Kedua, desa itu punya air bersih. Ketiga, desa itu punya pangan sehat.

Film Pendek “Desa Adalah Masa Depan Dunia” dirilis ke publik pada tanggal 05 Juni 2022, menggunakan lisensi Creative Commons. Dibuat tanpa modal produksi, dan tidak dimonetisasi. Semua proses produksi dan pasca produksi dilakukan secara swadaya gotong rotong. Semua partisipan, narasumber, narator, hingga penyelenggara event pendukung adalah relawan yang menyumbangkan ide, waktu dan tenaganya demi karya kolektif ini.

Film Pendek “Desa Adalah Masa Depan Dunia” ini adalah narasi kesadaran lingkungan untuk masyarakat Indonesia. Pesan yang disampaikan adalah pengetahuan populer sederhana tentang lingkungan –yang sudah populer bagi audiens internasional– namun masih belum banyak diketahui masyarakat Indonesia secara luas.

Sebenarnya semua pengetahuan yang ada pada dokumenter ini tidak ada yang baru dan orisinil. Film ini hanya berisi pengetahuan umum yang populer, merangkum fenomena yang ada secara global dan disesuaikan dengan audiens lokal Indonesia. Tujuan kami hanya ingin meneruskan suara-suara yang ada di alam semesta ini. Suara-suara orang yang memperjuangkan lingkungan.

KIM Masagi sebagai kreator dari film ini, berharap pesan tentang lingkungan ini bisa disampaikan kepada audiens Indonesia seluas-luasnya. Banyak sekali kebijaksanaan lokal Indonesia –yang sangat alam sentris– namun tergerus oleh hegemoni budaya populer dan kepercayaan “import”.

Kami menggunakan lisensi creative commons untuk Film Pendek “Desa Adalah Masa Depan Dunia” ini, dan KIM Masagi tidak mengklaim copyright dari film ini. Kami tidak me-monetize ataupun mengambil keuntungan dari film dokumenter ini.

Kami ingin semua pihak yang menonton dokumenter ini, bisa meneruskan pesan yang mereka dapat dengan cara apapun yang mereka mau. Semua orang boleh men-download film ini, semua orang boleh mem-publish ulang di channel masing-masing, semua orang boleh mengedit ulang, karena Film Pendek Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 ini adalah karya kolektif kita bersama. Karya kolektif umat manusia.

Semoga film ini bisa menjadi pemantik untuk bangsa Indonesia untuk kembali menilik nilai luhur yang terkubur di halaman rumah mereka sendiri. ***

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Satu Bumi untuk Masa Depan

Di alam semesta ada miliaran galaksi,
Di galaksi kita ada miliaran planet,
Tapi Hanya Ada Satu Bumi.

Ciburial, 05 Juni 2022
Desa adalah “masa depan dunia”.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: