Ciburial Raih Juara 1 Lomba Website Desa Kabupaten Bandung 2018

Ciburial Raih Juara 1 Lomba Website Desa Kabupaten Bandung 2018

Ciburial Raih Juara 1 Lomba Website Desa Kabupaten Bandung 2018
Ciburial Raih Juara 1 Lomba Website Desa Kabupaten Bandung 2018

Website desa merupakan wadah yang sangat baik bagi pemerintah desa untuk meringankan tugas dan meningkatkan kinerja. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Bandung, Atih Witartih, pada acara Sabilulungan Festival Teknologi Informasi Komunikasi 2018 (Safetik 2018) di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Senin 26 November 2018.

“Melalui website desa, pemerintah desa, setidaknya menjalankan dua sisi yang bisa dimanfaatkan,” ungkap Atih. Website desa, setidaknya memiliki dua sisi manfaat, yaitu untuk fungsi informasi dan layanan. Fungsi informasi, bisa menjadi sarana bagi desa untuk mempromosikan berbagai potensi desa mulai dari objek wisata, budaya, hingga produk UMKM.

“Selain itu, website desa juga untuk menjalankan kewajiban Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan memuat informasi mengenai penerimaan dan penggunaan anggaran desa. Untuk fungsi layanan, bisa mempermudah warga yang ingin membuat surat keterangan apa saja serta layanan administrasi desa lainnya,” tutur Atih.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang M. Naser mengatakan, optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi adalah keniscayaan yang harus dilakukan menuju Smart City Kabupaten Bandung. Sebelum tercapainya Smart City Kabupaten Bandung, harus diawali dengan Smart Village.

Road to Sabilulungan Smart Village merupakan tema acara SaFeTIK 2018 yang digelar Diskominfo Kabupaten Bandung kali ini. Salah satu kegiatan dari perhelatan SaFeTIK 2018 adalah Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) se-Kabupaten Bandung berupa lomba website desa bagi 270-an desa di Kabupaten Bandung.

Pada lomba website desa kali ini, website Desa Ciburial (ciburial.desa.id) berhasil meraih Juara 1 Lomba Website Desa Kabupaten Bandung 2018. Beberapa kriteria penilaian lomba website desa se-Kabupaten Bandung tahun 2018 diantaranya meliputi konten informatif, transfaransi anggaran, dan retensi update dan popularitas.

Berikut ini para pemenang penghargaan pada Lomba Website Desa pada ajang Sabilulungan Festival Teknologi Informasi Komunikasi 2018 (Safetik 2018) :

  • Juara 1 : Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan (ciburial.desa.id); 
  • Juara 2 : Desa Cigentur Kecamatan Paseh (cigentur.desa.id);
  • Juara 3 : Desa Pulosari Kecamatan Pangalengan (pulosari.desa.id).

Bupati Bandung berpesan, saat ini perkembangan teknologi berjalan semakin pesat. “Jangan sampai warga kabupaten hanya menjadi penonton atau malah korban dari dampak negatif teknologi. Teknologi harus bisa menjadi alat percepatan pembangunan di semua sektor. Apalagi di Kabupaten Bandung punya potensi besar dari jumlah penduduk, yaitu 3,6 juta yang tersebar di 270 desa,” kata Dadang. ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 pemikiran di “Ciburial Raih Juara 1 Lomba Website Desa Kabupaten Bandung 2018”

%d blogger menyukai ini: