Tujuan dan Target Implementasi Program CiGOS

Program Desa Ciburial Go Open Source (CiGOS) secara khusus dilaksanakan dengan 2 (dua) tujuan utama, yaitu tujuan secara makro dan tujuan secara mikro.

Tujuan Makro dari Program CiGOS adalah:

  1. Ikut menyukseskan program Indonesia, Go Open Source (IGOS) yang merupakan semangat gerakan untuk mengurangi kesenjangan teknologi informasi antara negara berkembang dengan negara maju serta antar daerah.
  2. Meningkatkan kesadaran kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menghargai atas hak kekayaan intelektual serta senantiasa menggunakan perangkat lunak yang legal.
  3. Mengenalkan sistem operasi Linux sebagai sistem operasi sumber bebas yang murah, mudah dan mempunyai kelebihan dibandingankan sistem operasi sumber tertutup yang berbayar.
  4. Mewujudkan Masyarakat Desa Ciburial yang melek Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasiskan OSS.
  5. Mewujudkan Desa Ciburial sebagai Cyber Village berbasis Kemandirian TIK.

Tujuan Mikro dari Program CiGOS adalah:

  1. Terfasilitasinya kegiatan implementasi migrasi ke open source di Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.
  2. Menjadikan Open Source sebagai solusi software yang mudah digunakan (Easy), aman (Safety) , bebas (Free), dan Barokah (Halal).

Target Implementasi Program CiGOS
Target awal dari pelaksanaan Program Desa Ciburial Go Open Source (CiGOS) ini adalah untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Desa Ciburial dalam hal pembelian lisensi software, termasuk mengurangi ketergantungan Pemerintah Desa Ciburial terhadap vendor software tertentu.

Setelah target awal terpenuhi, selanjutnya adalah memigrasikan seluruh software yang masih berstatus bajakan ke perangkat lunak bebas dan open source. Sedang untuk target akhirnya adalah mweujudkan Desa Ciburial sebagai Cyber Village berbasiskan kemandirian TIK.***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: