Perkembangan Industri Tekstil di Indonesia

Perkembangan Industri Tekstil di Indonesia

Perkembangan Industri Tekstil di Indonesia
Perkembangan Industri Tekstil di Indonesia

Di Indonesia sangat banyak sekali perusahaan dan pabrik yang berdiri. Dan tentunya perusahaan dan parbik yang berdiri sangat beragam sekali jenis usahanya. Namun yang paling menjadi sorotan yaitu pabrik dan perusahaan yang bergerak di bidang industri tekstil. Tentu tanpa pabrik industri tekstil kita tidak akan bisa menikmati pakaian yang kita pakai sekarang. Mungkin bagi anda yang belum tahu bahwa industri tekstil yaitu industri yang bergerak dibidang sandang yang pastinya tujuan utama dari pabrik ini yaitu membuat pakaian untuk kebutuhan masyarakatnya.

Bayangkan jika suatu negara tanpa ada pabrik industri tekstil tentu semua warga negara nya akan tanpa busana. Maka dari itu pabrik industri tekstil sangat perlu sekali dalam suatu negara. Di Indonesia sendiri pabrik yang bergerak di industri tekstil sudah banyak sekali. Seperti Polychem Indonesia Tbk, Centex Tbk, Eratex Djaja Tbk dan masih banyak pabrik industri tekstil lainnya. Tentu indonesia akan aman sandangnya. Karena memang tidak akan mungkin suatu negara pabrik industri tekstilnya hanya satu atau dua. Tentu banyak masyarakat yang akan sulit nantinya untuk mendapatkan pakaian.

Semakin berkembangnya jaman. Perkembangan industri tekstil pun semakin maju dan semakin luas usahanya. Tentu ini tidak lepas dari peran pemerintah yang memberikan izin kepada para usahawan yang membangun pabrik industri tekstil. Namun jika terlalu banyak pabrik yang bergerak dibidang industri tekstil disuatu negara tentu tidak baik. Maka dari itu banyaknya industri tekstil harus bisa sebanding dengan jumlah penduduk dan juga permintaan sandang dari masyarakatnya.

Namun dijaman MEA seperti sekarang ini banyak perusahaan asing yang masuk kengara Indonesia. tentu ini akan mengakibatkan ketidak stabilan perekonomian sandang di Indonesia. Karena jika perusahaan – perusahaan asing tersebut memproduksi pakaian tentu akan menjadi daya saing tersendiri oleh pabrik – pabrik industri tekstil yang ada di Indonesia. Tentu negara yang sangat berpotensi dapat menjadi saingan terberat pabrik – pabrik industri tekstil di Indonesia yaitu negara India dan juga Amerika. Inilah salah satu dampak dari MEA. Dan berikut ini cara mengatasi atau mencegahnya :

  • Data semua pabrik atau perusahaan yang bergerak di Industri tekstil

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu merekap semua data pabrik industri tekstil yang ada di Indonesia. Dengan begitu pemerintah Indonesia akan tahu kira kira berapa produksi pangan dari setiap pabrik yang didatanya dan bisa disesuaikan dengan jumlah penduduk di Indonesia.

  • Buat undang – undang yang resmi

Solusi kedua ini tentu tidak mudah dilakukan namun ini merupakan salah satu jalan keluarnya. Jadi buatlah undag – undang yang resmi untuk kedatangan MEA yang tujuannya ingin membangun pabrik indsutri tekstil. Jadi didalam undang – undang tersebut pemerintah harus tegas memberikan pajak yang diminta, produksi barang tiap tahunnya, dan juga sanksi yang tegas jika perusahaan asing tidak menuruti ketentuan yang sudah disepakati. Dengan begitu tidak akan ada perusahaan asing yang tidak semena – mena dinegara kita. ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: