Kemandirian Desa Pangauban Patut Ditiru

Desa Pangauban, Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut, yang berhasil meraih juara pertama lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat 2009, akan diikutsertakan pada lomba tingkat nasional pada 2010 mendatang.

Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Iman Alirahman mengatakan,  semula Desa Pangauban diharapkan bisa langsung diikutsertakan pada lomba tingkat nasional tahun 2009 ini, namun Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak sempat mengusulkannya ke tingkat nasional.  Padahal seluruh warga Desa Pangauban, selama ini telah maksimal berpartisipasi mewujudkan kemandirian desa menjadi desa mandiri yang memiliki keteladanan dalam segala bidang.

Diungkapkan, Desa Pangauban, antara lain berhasil membangun sarana prasarana pendidikan SMA, sarana ibadah serta fasilitas umum lainnya, termasuk rehabilitasi pembangunan fisik kantor desa yang nilai keseluruhannya mencapai puluhan miliar rupiah, bersumber dari hasil swadaya masyarakat desa.

Sedangkan mata pencaharian utama masyarakatnya, sebagian besar sebagai petani sayuran selain itu terdapat kalangan PNS, pengusaha serta warga desa yang berhasil dalam merantau. “Warga selama ini dinilai memiliki kepedulian tinggi terhadap desanya, sehingga bisa mewujudkan desa mandiri yang patut menjadi contoh bagi desa-desa lainnya,” tutur Iman, seperti dikutip “Antara”.

Karena itu, berbagai kalangan masyarakat Garut selama ini optimistis desa tersebut dapat memenangkan lomba tingkat nasional, yang sekarang terpaksa harus menunggu hingga pada 2010.

Iman mengharapkan agar masyarakat Desa Pangauban tetap memiliki optimisme tinggi dengan senantiasa memelihara serta terus meningkatkan kualitas kemandiriannya sebagai desa yang layak menjadi teladan dalam berbagai bidang.

Sumber Tulisan: Harian Umum Pikiran Rakyat, 10 Agustus 2009

Berikut ini video Suasana saat penilaian tahap I lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat di Desa Pangauban Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut:

Sumber Video: beoscope.com



Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 pemikiran di “Kemandirian Desa Pangauban Patut Ditiru”