Internet of Things (IoT) ala eFishery

Internet of Things (IoT) ala eFishery

Sebagaimana diketahui Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan. Transfer data tersebut terjadi tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

Lebih sering kita dengan mengenai Internet of Things (IoT) adalah sistem otomatisasi. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet.

Sejalan dengan ekosistem yang mulai terbentuk dan banyak ruang yang bisa diisi dari aspek bisnis dan pemasaran, kreator IoT banyak menunjukkan keunggulan dalam mengembangkan produk IoT. Salah satu contoh karya unggulan kreator Indonesia di bidang IoT yang berasal dari Desa Ciburial berjuluk eFishery.

Internet of Things (IoT) ala eFishery adalah alat pemberi pakan ikan secara otomatis. Alat ini tidak hanya mengotomatisasi pemberian pakan secara terjadwal dengan dosis yang tepat, namun juga mencatat setiap pemberian pakan secara real-time.

Pengguna dapat mengakses data pemberian pakan kapan pun dan di mana pun. Tidak ada lagi masalah over-feeding, pemberian pakan ikan yang tidak teratur atau pakan yang diselewengkan.

Secara spesifik, Internet of Things (IoT) ala eFishery berusaha membantu peternak ikan dan udang. Hal ini karena biasanya pemberian makan ikan menguasai antara 50 hingga 80 persen biaya operasi peternakan ikan.

eFishery juga dikenal sebagai startup yang sering memenangkan berbagai kompetisi startup tingkat global. Bekerja sama dengan TINC, eFishery akan mengeksplorasi pemanfaatan modul NarrowBand IoT (NB-IoT) untuk konektivitas yang lebih efektif.

Hal ini sejalan dengan ekspansi pasar dengan model bisnis yang lebih matang dan validasi pasar baru akan memanfaatkan kompetensi dan jaringan konsumen luas salah satu provider telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Founder dan CEO eFishery Gibran Huzaifah juga aktif mengisi kelas di TINC 2018 Forum IoT.

Sekilas Awal Mula Internet of Things (IoT) ala eFishery

Pada tahun 2012, Gibran Huzaifah menemukan sebuah solusi untuk masalah biaya pakan budidaya ikan yang disebut eFishery. Perangkat eFishery adalah solusi pakan cerdas untuk budidaya ikan dan udang, yang memungkinkan pemberian makan lewat mesin secara otomatis. Dengan alat ini, maka jumlah pakan yang diberikan untuk ikan dapat disesuaikan.

Sesuai namanya, aplikasi ini juga terhubung ke internet dan dapat dikontrol langsung dari smartphone atau laptop, kapan dan di mana saja. Dengan hadirnya teknologi tersebut, biaya pakan dapat ditekan hingga 25%, mengurangi biaya produksi sebesar 16% per kg, serta meningkatkan pertumbuhan rata-rata harian sebesar 15% per kg, sehingga meningkatkan keuntungan secara signifikan.

Berkat eFishery, Gibran meraih berbagai prestasi, baik di tingkat nasional ataupun internasional seperti:

  • Mandiri Young Technopreneur Award 2012,
  • Best of the Best Young Entrepreneur dari Kementerian Koperasi dan UKM 2013,
  • Global Winner of Get in The Ring 2014 dalam Olympiad for Startup di Rotterdam,
  • Slush Global Winner 2014 di Helsinki,
  • Finalis Seedstars World Global 2015 di Jenewa,
  • Seputar Indonesia Award 2015,
  • Spark Fire Pitch on Global Entrepreneur Summit 2015 di Nairobi, dan
  • Forbes 30 Under 30 Asia 2017.

Dengan sederet prestasi itu, tak berlebihan jika millenial satu ini menjadi salah satu nominator 7 Millennial Heroes.

Berdiri sejak tahun 2013, eFishery merupakan perusahaan rintisan pertama di industri akuakultur Indonesia yang menyediakan solusi teknologi IoT (Internet of Things) dan platform data untuk mendukung bisnis budidaya ikan dan udang.

Hingga saat ini, eFishery sudah tersebar di ribuan titik di 16 provinsi dan 67 kota/kabupaten di seluruh Indonesia; dari Sumatera Utara hingga NTB dan Kepulauan Maluku. Dengan jangkauan tersebut, eFishery terus berupaya mengembangkan produk serta layanan yang bisa memberikan nilai lebih bagi sektor perikanan budidaya di Indonesia dan menyelesaikan masalah-masalah terbesar yang dihadapi oleh pembudidaya ikan dan udang.

eFishery sepenuhnya percaya bahwa teknologi hanya relevan ketika bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. eFishery mencoba mewujudkan hal tersebut; membawa teknologi yang mampu memberikan dampak bagi petani dan membawa masa depan cerah di sektor perikanan, mulai dari satu tambak hingga ke jutaan tambak lainnya. ***

eFishery Technoplex
Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur IV Kav. B1, Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.