CiburialTV Luncurkan Segmen Ciburial Bercerita

Ciburial Bercerita Ruang Belajar Warga Desa Ciburial

CiburialTV meluncurkan segmen khusus dengan nama Ciburial Bercerita. Segmen ini diharapkan menjadi ruang belajar bagi warga Desa Ciburial.

Ciburial Bercerita merupakan ruang bagi relawan COSM (Ciburial Online & Social Media) bersama relawan baca dari Perpustakaan Desa Ciburial untuk membacakan buku atau bacaan lainnya (koran, majalah, baik cetak maupun dari internet) sebagai sumbernya. Ciburial Bercerita juga menjadi ruang dongeng, cerita, dan belajar bagi warga Desa Ciburial.

Ciburial Bercerita diharapkan bisa berfungsi menjadi ruang belajar bagi warga, tidak hanya sekadar belajar mendongeng, namun juga belajar dalam ber-aspirasi, dan mengapresiasi. Disamping sebagai ruang literasi (salah satunya keterampilan mendongeng), Ciburial Bercerita merupakan bagian dari upaya menumbuhkan budaya baca di Desa Ciburial.

Secara teknis, relawan baca akan membacakan buku, artikel, cerpen, puisi, dongeng, ataupun bahan bacaan lainnya. Pendengar atau warga dapat mendengarkan cerita tersebut, sehingga menjadi semacam alternatif ruang belajar sekaligus hiburan yang bisa dinikmati secara rutin.

Ciburial Bercerita merupakan salah satu inisiatif yang lahir dari spirit mendongeng, yang merupakan budaya kuno sebelum aksara dikuasai dengan baik terutama oleh kelompok jelata. Budaya mendongeng juga digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan yang kemudian menjadi bagian dari kearifan lokal, nasihat dan petuah, bukan hanya kepada anak-anak, tapi juga para orang dewasa.

Dengan Ciburial Bercerita diharapkan bisa melahirkan para pendongeng dari Desa Ciburial yang akan menceritakan kisah-kisah dari Desa Ciburial. Mimpinya, kisah tutur dan minat baca akan hidup subur di Desa Ciburial, dan bukan tidak mungkin, nantinya bisa dikelola sebagai salah satu destinasi wisata, melengkapi destinasi wisata yang sudah berkembang di Desa Ciburial. ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.