Cara Membuat Cireng Nasi

Cara Membuat Cireng Nasi

Cireng nasi bisa jadi sajian yang berbeda dari cireng aci. Cireng nasi ini juga pastinya lebih mengandalkan nasi yang sisa. Dengan begitu anda tidak akan membuang nasi yang sudah sisa seperti nasi kemarin. Cireng nasi ini punya tekstur layaknya ulen ketan namun berbeda ketika digigit. Cireng nasi ini mengandalkan bahan-bahan yang ada di rumah. Sehingga jika anda bingun mau buat cemilan apa. Cireng nasi bisa jadi andalan di rumah. Malam hari lapar dan ingin ngemil. Cukup nasi sisa bisa jadi sajian favorit keluarga. Berikut cara membuat cireng nasi.

1. Cireng Nasi Sederhana

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk cireng nasi sederhana adalah nasi sisa kemarin secukupnya, tepung kanji atau aci 3 sendok makan, garam ½ sendok teh, bawang putih bubuk sekitar ½ sendok makan, kaldu ayam bubuk ½ sendok teh dan minyak goreng.

Anda siapkan blender dan haluskan nasinya setelah itu anda masukkan semua bumbu seperti kaldu ayam bubuk, garam dan bawang putih bubuk. Setelah itu diaduk dan berikan air dikit dan aduk lagi. Taruh dalam wadah bersih dan masukkan 3 sendok makan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Setelah itu anda aduk hingga rata dan cicipi sudah gurih apa belum. Jika sudah goreng hingga matang.

2. Cireng Nasi Pedas

Jika anda suka pedas, anda bisa sekali membuat cireng nasi pedas ini. Cireng nasi pedas bisa jadi sajian yang anda sukai. Bahan yang dibutuhkan untuk cireng nasi pedas ini adalah bawnag putih 2 siung, nasi putih sekitar 11 sendok makan, tepung aci 5 sendok makan, cabe rawit 4 buah, garam 1 sendok the dan air panas 6 sendok makan. Minyak sayur untuk menggoreng.

Cara membuat cireng nasi pedas ini adalah dengan mengulek bawang putih hingga halus dengan garam dan cabe rawitnya. Setelah itu anda taruh nasi di atasnya dan ulek nasinya dengan bumbu. Setela itu anda pindahkan ke dalam wadah dan berikan air sedikit saja. Kemudian anda bisa menambahkan tepung tapioka tadi. setelah itu goreng hingga kecoklatan. Santap dengan saus sambal atau mayonnaise enak sekali.

3. Cireng Nasi Isi Keju

Cireng nasi yang satu ini akan sangat disukai oleh anak-anak. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat cireng nasi isi keju adalah nasi sekitar 200 gram, air sekitar 100 ml, dan tepung tapioka sedikit saja. Setelah itu siapkan juga 1 bungkus tepung kobe bumbu putih dan juga daun bawang 3 batang diiris. Minyak untuk menggoreng jangan lupa.

Hal yang anda lakukan pertama kali adalah dengan merendam nasinya dengan air kurang lebih selama 17 menit. Setelah itu anda tekan dan remas kemudian masukkan tepung kobe bubuk putih dan masukkan daun bawang. Setelah itu adon hingga berbentu dan tambahkan tepung tapioka sedikit saja. Setelah itu ambil adonan dan pipihkan dan masukkan keju potong dad uke dalamnya. Bentuk bulat dan setelah itu goreng hingga matang. Ketiga resep makanan Indonesia di atas akan jadi sajian yang enak apalagi dimakan dengan saus yang anda buat. Anda bisa membuat bumbu kacang untuk makan dengan cireng nasi. Persiapkan kacang tanah goreng 150 gram, bawang putih, bawang merah, garam, kaldu bubuk, dan juga cabe merah. Dihaluskan dengan blender semuanya dan masak dengan air di panci. ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.