Cara Membuat Cincau Hitam Menjadi Berbagai Minuman yang Enak

Cara Membuat Cincau Hitam Menjadi Berbagai Minuman yang Enak

Cara Membuat Cincau Hitam Menjadi Berbagai Minuman yang Enak
Cara Membuat Cincau Hitam Menjadi Berbagai Minuman yang Enak

Selain cincau hijau, cincau hitam juga banyak manfaat untuk kesehatan. Cincau hitam bisa mengobati panas dalam dan badan yang kurang enak karena masuk angin. Cincau hitam ini ada kesamaan dengan cincau hijau yang terbuat dari dedaunan. Cincau hitam terbuat dari daun yang berasal dari Tiongkok. Di Indonesia, daun ini disebut daun janggelan. Tenang, anda tidak usah khawatir mencari daun ini karena untuk membuat cincau hitam anda bisa menggunakan serbuk cincau hitam yang banyak dijual. Anda tinggal mencampurkan serbuk cincau hitam dengan air biasa dan kemudian diamkan. Setelah itu masak dengan nutrijel dan air hingga mendidih. Setelah itu akan jadi cincau hitam kotak yang kenyal. Siap juga dijadikan berbagai resep minuman segar seperti di bawah ini.

  1. Es Cincau Hitam Gula Merah

    Cincau hitam sama dengan cincau hijau diminum dengan es. Bahan-bahan yang anda siapkan adalah cincau hitam, gula merah 3 buah, santan kelapa kara 30 ml dan daun pandan 4 lembar. Es baru beberapa buah.

    Hal yang anda siapkan pertama adalah dengan memotong cincau hitam menjadi potongan dadu. Sisihkan dahulu ke dalam mangkuk. Siapkan panci berisi 500 ml air dan masukkan gula merahnya. Setelah itu masukkan santan kelapanya dan sambil diaduk agar tidak pecah. Jika sudah mendidih, tuangkan ke dalam cincau hitam dalam wadah. Tambahkan es batunya.

  2. Es Cappucino Cincau

    Minuman ini masih eksis lho ternyata! Pasti anda pernah merasakan betapa hebatnya inovasi minuman yang satu ini. Cara membuatnya ternyata mudah sekali. Anda siapkan pop ice sachet rasa cappuccino, cincau hitam dan serutan memanjang. Blender dan air secukupnya. Es batu beberapa potong juga siapkan.

    Cara membuat es cappuccino cincau ini adalah dengan memblender es batu, air dan cappuccino pop ice sachet. Tips memblender es batunya sebaiknya gunakan es batu yang tidak besar agar lebih halus teksturnya. Anda bisa menambahkan kental manis jika anda merasa kurang manis. Setelah itu serut cincau hitamnya dan kemudian masukkan dalam gelas. Tuang pop ice yang sudah diblender tadi.

  3. Es Kopi Cincau Hitam

    Minuman dari cincau hitam selanjutnya yang bisa jadi minuman enak adalah dengan kopi. Bahan yang dibutuhkan adalah cincau hitam, kopi hitam sachet dengan gula dan kental manis. Siapkan juga es batu.

    Cara membuat es kopi ini dengan mendidihkan air dan kemudian seduhkan ke kopi hitamnya. Aduk hingga rata dan kemudian tambahkan kental manisnya. Aduk lagi dan setelah itu masukkan cincau hitam dengan diserut dahulu dan tambahkan es batu.

  4. Es Dalgona Cincau Hitam

    Resep selanjutnya terbuat dari cincau hitam adalah inovasi dengan dalgona. Dalgona memang enak sekali diminum dengan cincau hitam. Cara membuatnya juga tidak sulit. Anda sipakan bahan-bahannya dahulu dengan menyiapkan cincau hitam, nescafe sachet 1 bungkus, gula pasir 3 sendok, mixer, susu putih uht dan es batu. Anda buat dahulu dalgonannya dengan menyiapkan air panas mendidih setelah itu tambahkan ke dalam campuran gula dan nescafenya. Tambahkan 3 sendok air panas dan aduk dengan 1 blender saja. Setelah itu anda siapkan gelas dan masukkan susu putih dan serutan cincau hitamnya. Tambahkan dalgona dan es batu. Es dalgona cincau hitam siap disantap dengan cemilan.

****

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.