Wisata Minat Khusus Akan Terus Dikembangkan

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia Tbk sepakat meningkatkan promosi pariwisata Indonesia di luar negeri. Salah satunya, menggenjot masuknya wisatawan minat khusus ke Tanah Air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan, maskapai penerbangan sangat berperan penting dalam mendongkrak kunjungan wisata, termasuk wisata minat khusus seperti wisata belanja. Dia mencontohkan, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) asal negara Malaysia meningkat tajam setelah adanya penerbangan langsung Kuala Lumpur-Bandung, 7 penerbangan per hari.

“Mereka umumnya datang sekeluarga. Biasanya suaminya main golf, sedangkan istri dan anaknya belanja ke tempat-tempat khusus seperti Pasar Baru dan factory outlet. Nominal yang dibelanjakan pun lumayan,” ujar Mari di sela-sela penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Garuda Indonesia dan Kemenparekraf terkait promosi pariwisata Indonesia, di Jakarta, Selasa (21 Februari 2012).

Menurut Mari, ke depan wisata minat khusus akan terus dikembangkan dan dibuat dalam 1 paket, misalnya paket tur wisata pendidikan. Potensi lainnya adalah wisata olah raga terutama bersepeda (biking tour) yang kian banyak peminatnya.

Direktur Utama Garuda, Emirsyah Satar mengungkapkan, Garuda Indonesia sejak awal berdiri merupakan flag carrier yang selalu mendukung program pariwisata Indonesia. Sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan wisatawan Asia ke Indonesia, pada tahun 2012 Garuda Indonesia telah dan akan membuka rute-rute baru, baik domestik maupun internasional di antaranya rute Bandung-Surabaya, Jakarta-Taipei, dan Denpasar-Haneda. [oz]

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.