Ini Perubahan Fisik yang Bisa Anda Lihat di Awal Kehamilan

Ini Perubahan Fisik yang Bisa Anda Lihat di Awal Kehamilan

Ini Perubahan Fisik yang Bisa Anda Lihat di Awal KehamilanKehamilan merupakan momen yang berkesan bagi sebagian besar wanita. Di masa ini, ada banyak sekali hal yang berubah termasuk dalam hal fisik. Meski kehamilan baru memasuki minggu-minggu awal, tapi tetap sudah terjadi beberapa perubahan fisik walaupun belum terlihat secara nyata. Nah, mengenali apa saja perubahan fisik tersebut tentu bisa membantu Anda mengatasi kepanikan yang umumnya dialami oleh wanita hamil, terutama jika baru pertama kali mengalaminya.

Yuk, simak apa saja ciri ciri hamil yang berhubungan dengan kondisi fisik Anda: 

Payudara Jadi Lebih Penuh dan Berat

Anda mungkin mengalami nyeri payudari di masa menstruasi. Tapi di awal kehamilan, payudara tidak hanya akan terasa nyeri namun juga menjadi lebih penuh dan berat. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon yang menyebabkan payudara jadi membengkak. Selain itu, payudara juga mulai mempersiapkan produksi ASI, meski masih dalam tahapan awal. Beberapa wanita bahkan akan mengalami perubahan ukuran payudara yang bisa disadari dengan makin sempitnya bra. Umumnya, perubahan fisik ini disambut dengan gembira oleh para ibu hamil karena membuat tubuh terlihat lebih berisi dan menarik.

Munculnya Lendir dari Vagina

Biasanya, lendir dari vagina diproduksi pada masa subur. Lendir di masa subur ini  berwarna bening, lengket, dan tidak berbau. Tapi di awal kehamilan, lendir yang muncul berbeda karena lebih tebal dan berwarna putih susu, kadang pula ada warna sedikit kecoklatan. Lendir ini merupakan akibat dari peningkatan hormon progesteron secara drastis. Banyak wanita hamil yang merasa sangat terganggu dengan adanya lendir berlebih ini karena membuat area kewanitaan jadi lebih lembap. Tak jarang juga hal ini menyebabkan berbagai masalah misalnya rasa gatal dan panas pada bagian vagina akibat kelembapan yang terlalu tinggi dan memicu jamur.

Perut Terasa Mengembang

Di minggu-minggu pertama kehamilan tentu saja perut Anda belum akan tampak membesar. Tapi Anda mungkin menyadari bahwa perut terasa mengembang seperti saat sedang kembung. Hal tersebut memang dikarenakan karena banyaknya angin yang masuk ke dalam tubuh. Rasa tidak nyaman di area perut ini juga biasanya dibarengi dengan daerah ulu hati yang terasa panas seperti mengalami peningkatan asam lambung. ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: