Melebihi angka perkembangan nasional

PertanyaanKatagori: PertanyaanMelebihi angka perkembangan nasional
sania asked 4 minggu ago

Perekonomian Propinsi Jawa Barat (Jawa barat) tumbuh sebesar 5,64 % –melebihi angka perkembangan nasional. Diluar itu, indeks daya beli/pengeluaran sampai 72,46 point, sesaat indeks daya saing ada di posisi ke-3 antara propinsi lain se-Indonesia.
Menyinggung itu, Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil juga menjelaskan Propinsi Jawa barat jadi wilayah arah favorite untuk berinvestasi di Tanah Air. Selama 2018 saja, Jawa barat memberi seputar 31 % dari realisasi investasi nasional.
Semuanya, kata Emil –sapaan Ridwan Kamil, didukung tersedianya infrastruktur, tingkat mengonsumsi yang atraktif, serta keadaan geografis yang strategis hingga ia juga optimistis Jawa barat selalu jadi lokasi yang subur untuk kegiatan usaha.
“Sepanjang tahun kemarin kita bisa predikat jadi wilayah tujuan favorite untuk investasi,” kata Emil waktu hadiri International Business Seminar di Kampus Parahyangan, Kota Bandung, Rabu (20/8/19).
Di seminar dengan topik ‘Peluang serta Rintangan Membuat Ekosistem UMKM Naik Kelas Di Masa Revolusi Industri 4.0’ itu, Emil menjelaskan Pemerintah Wilayah Propinsi (Pemdaprov) Jawa barat bekerja bersama dengan beberapa faksi menggerakkan Usaha Kecil serta Menengah (UKM) dalam usaha pemberdayaan kekuatan warga.
Sekarang, program salah satunya Credit Mesra, One Pesantren One Product (OPOP), One Village One Company (OVOC), Desa Wisata, sampai Patriot Desa adalah satu diantara usaha Pemdaprov Jawa barat untuk menyangga UKM.
Penambahan kualitas kelembagaan, penambahan pembiayaan usaha (credit), penambahan akses pasar (off taker & promo), dan suport wiraswasta juga jadi arah kebijaksanaan Pemdaprov Jawa barat untuk memberi dukungan tercapainya sasaran UKM naik kelas (scale up).
Diluar itu, kursus serta pendampingan wiraswasta dan pekerjaan koperasi berkualitas lewat transformasi koperasi di rasa penting di masa digital.
Untuk pemuda Jawa barat, Emil berujar jika mereka dapat manfaatkan perubahan tehnologi untuk mengawali usaha UKM serta manfaatkan jaringan digital untuk bawa live streaming motogp produknya ke tingkat global.
“Saya fikir, usaha kecil dapat berkesempatan besar dengan ruangan digital,” kata Emil.
Selanjutnya, usaha UKM dipandang jadi satu diantara jalan keluar yang cukup efisien untuk kurangi angka pengangguran. Usaha UKM, lebih Emil, adalan pilihan yang pas buat anak muda waktu hadapi dengan pelemahan ekonomi global.
“Dengan taktik digital serta kreativitas jadi jati diri kita, Jawa Barat akan jadi propinsi paling progresif dalam small business strategy,” tutur Emil akhiri.
Dalam seminar itu, ikut ada Presiden Dewan Internasional untuk Usaha Kecil atau International Council for Small Business (ICSB) Ahmed Osman