Luncurkan Program Desa Sejahtera Mandiri, Kemensos Siap Bangun Garda Terdepan Bangsa

PertanyaanKatagori: DesaLuncurkan Program Desa Sejahtera Mandiri, Kemensos Siap Bangun Garda Terdepan Bangsa
Klik Quick asked 4 bulan ago

AKURAT.CO, Dalam rangka menindaklanjuti visi Presiden Joko Widodo membangun Indonesia dari wilayah pinggiran, Kementerian Sosial meluncurkan program Desa Sejahtera Mandiri.
Menteri Sosial Idrus Marham menyebut, ada sekitar 41 desa di kabupaten/kota yang terletak di daerah perbatasan, menjadi fokus pihaknya. Perbatasan dipilih karena kawasan ini sebagai garda terdepan pertahanan negara.
“Kita akan bahas dari 41 desa itu, apa yang kira-kira menjadi perhatian, dan apa saja yang perlu dikembangkan di wilayah-wilayah tersebut,” ujar Idrus, usai Wisuda Desa Sejahtera Mandiri di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Kamis (12/7).
Sebanyak delapan desa dianggap telah memenuhi standar yang ditetapkan Kementerian Sosial, salah satunya adalah Desa Ciburial. Idrus melanjutkan, proyeksi gerakan Desa Sejahtera Mandiri adalah memiliki ekonomi kerakyatan yang kuat, sumber daya manusia tinggi, serta penguatan lingkungan.
“Nanti akan kita lihat, potensi apa yang perlu dikembangkan di daerah itu. Kalau memang orientasinya masalah pendidikan, maka kita akan bersinergi dengan kementerian lain. Tapi, yang pasti perguruan tinggi yang bekerja sama dengan kita sudah menentukan potensi desa itu,” beber Idrus.
Maka itu, Kementerian Sosial mengadakan pertemuan dengan rektor dari 22 perguruan tinggi se-Indonesia di Bandung, Rabu (11/7) malam. Idrus menilai, dengan pertemuan itu dipastikan perguruan tinggi yang sudah menjalin kerja sama, dapat menentukan desa mana saja di wilayah perbatasan yang menjadi perhatian.
“Apakah ada potensi keekonomian yang tinggi di desa tersebut, kesiapan sumber daya manusia yang kuat, dan lebih penting adalah penguatan lingkungan. Ini yang menjadi patokan umum pengembangan desa menjadi Desa Sejahtera Mandiri,” tegas Idrus.
Idrus mencontohkan, seperti salah satu desa di wilayah Atambua, ada berbagai potensi yang bisa dikembangkan, yakni sektor pertanian maupun perkebunan. Kemudian, di desa itu masih perlunya pengembangan pada sektor pendidikan, yang akan disinergikan dengan instansi terkait.
Idrus menerangkan, potensi dan permasalahan yang ada serta keperluan pengembangan desa menuju Desa Sejahtera Mandiri, bisa diinventarisir oleh perguruan tinggi, dengan metode penelitian saat mahasiswa melakukan kuliah kerja nyata (KKN).
“Mahasiswa yang akan KKN itu menentukan desa yang sudah dikembangkan sebagai Desa Sejahtera Mandiri. Kita harapkan perguruan tinggi yang kerja sama bisa mengiventarisir potensi yang dikembangkan dan permasalahan yang dihadapi,” paparnya.
Desa Sejahtera Mandiri, diutarakan Idrus, merupakan salah satu konstruksi model percepatan penanganan kemiskinan terpadu yang melibatkan perguruan tinggi dan Kementerian Sosial. Strategi ini dilakukan guna percepatan penanganan kemiskinan yang dibangun secara akselerasi, terpadu, dan saling bersinergi antar sektor di pemerintah pusat, daerah dengan melibatkan perguruan tinggi sebagai inisiator.
Saat asam urat naik kadarnya sendi akan merasakan panas, bengkak, kaku dan nyeri. Jika dibiarkan penyakit ini bisa mengganggu kualitas hidup Anda. asam urat Nah untuk itu Anda perlu menanganinya dengan baik. Asam urat sendiri dipicu oleh kadar purin yang tinggi, biasanya ini akibat tubuh memakan makanan yan tinggi purin. obat herbal asam urat Jahe merupakan makanan yang sangat bermnafaat, salah satunya adalah meringankan rasa nyeri akibat asam urat yang menumpuk. Ambilah jahe sebesar ibu jari, bersihkan lalu parut dan campurkan dengan air bersih. Setelah itu rebus hingga mendidih, nah tiriskan dan minumlah air rebusan jahe ini maka nyeri akibat asam urat bisa disembuhkan. obat asam urat
“Model ini sangat efektif dan kompetitif dalam percepatan pengentasan kemiskinan di pedesaan. Kebijakan ini menggerakkan potensi dan sumber kesejahteraan sosial secara terpadu antara Kementerian Sosial, pemerintah daerah, dan perguruan tinggi,” pungkasnya.[]

%d blogger menyukai ini: