VGA Dedicated VS Integrated

VGA Dedicated VS Integrated? Apasih Perbedaannya

VGA Dedicated VS Integrated? Apasih Perbedaannya
VGA Dedicated VS Integrated? Apasih Perbedaannya

Di kesempatan yang berbahagia kali ini, saya akan sedikit menjelaskan kepada teman-teman mengenai perbedaan VGA dedicated VS integrated. Dengan penjelasan ini, akan dapat membuat anda lebih mengenal, mengerti dan memahami penggunaan setiap jenis kartu grafis atau VGA yang ada. Kartu grafis atau VGA sendiri merupakan perangkat peripheral pada komputer yang digunakan untuk mengolah informasi menjadi video atau gambar yang kemudian ditampilkan pada sebuah layar monitor. Kartu grafis hanya terbagi menjadi dua jenis yaitu dedicated dan integrated. Kedua jenis VGA ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Bagi teman-teman yang belum mengetahui perbedaan tersebut, maka bisa mengetahuinya melalui artikel bermanfaat ini.

Perbedaan VGA dedicated VS integrated

  • VGA Integrated

VGA integrated lebih dikenal dengan istilah VGA onboard yaitu jenis kartu grafis yang letaknya menyatu pada motherboard laptop atau komputer PC. Jenis ini kurang cocok digunakan untuk memproses hal-hal yang berat seperti misalnya merendering video dengan kualitas grafis 3D atau untuk memainkan sebuah Game berat. Sebab VGA integrated akan cepat panas jika digunakan untuk menjalankan tugas yang berat. Tentunya panas yang ditumbulkan sangat tidak baik bagi komponen lainnya dalam komputer seperti prosesor. Prosesor akan menjadi terganggu dan performanya pun dapat menurun jika terlalu sering menahan panas yang dihasilkan vga. Bahkan bisa memperpendek usia prosesor. Jika prosesor rusak maka tentunya berpengaruh kepada seluruh komponen dalam komputer.

  • VGA Dedicated

Jika dalam VGA Integrated dapat menimbulkan memori utama berkurang saat melakukan pemrosesan, maka pada VGA dedicated sama sekali tidak mempengaruhi memori utama komputer. Sebab vga dedicated memiliki memori independen sendiri, dengan begitu maka proses yang dilakukannya tidak menggangu memori utama. Diantara kita masih banyak yang salah dalam mengartikan antara VGA onboard sama VGA dedicated. Jika kita lebih teliti, kedua jenis VGA tersebut tentu sangat berbeda satu sama lain. Apabila VGA onboard lebih kepada keberadaan VGA yang terletak dalam komputer, maka VGA dedicated merupakan sebuah sistem penggunaan VGA memori yang digunakannya. Pada VGA dedicated juga terdapat sebuah pendingin yang sangat membantu mengurangi rasa panas yang muncul pada saat VGA bekerja.

Itu dia perbedaan secara umum mengenai VGA Dedicated VS Integrated. Anda bisa hanya menggunakan VGA Integrated jika hanya untuk melakukan pekerjaan yang ringan, akan tetapi jika akan mengerjakan suatu proses yang lebih berat maka anda bisa menggunakan VGA Dedicated. Semoga bermanfaat ya teman-teman artikel ini. ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *