Pentingnya UKM Memulai Usaha Online

Usaha Kecil Menengah yang Berkembang Pesat di 2016

Berbicara mengenai peluang usaha di tahun 2016, masih belum banyak berubah dari tahun sebelumnya. Ada beberapa peluang usaha kecil menengah yang hingga kini masih jadi primadona bahkan berkembang pesat setiap tahunnya. Seperti bisnis berbasis teknologi atau bisnis online yang masih berprospek cerah hingga kini.

Perkembangan teknologi yang pesat diikuti dengan meningkatnya tren belanja online. Dan tren ini menyasar hampir semua kalangan. Fakta ini menjadi bukti bahwa untuk membuka usaha kecil menengah harus lihai dan jeli melihat peluang.

Tahun 2016 terdapat beragam usaha kecil menengah dengan prospek menjanjikan. Jika saat ini Anda berencana untuk membuka UKM untuk menambah pendapatan di tabungan, maka ada beberapa jenis peluang usaha menjanjikan. 5 bisnis ini diramal masih akan ramai hingga tahun 2017. Berikut pilihan bisnisnya :

  1. Kuliner

    Tren bisnis satu ini sepertinya tak akan pudar. Pasalnya, kuliner termasuk bisnis menjanjikan karena selalu menjadi kebutuhan setiap orang. Memasuki tahun 2016, banyak bermunculan bisnis kuliner unik, salah satu jenis kuliner yang digandrungi saat ini ialah martabak dengan variasi topping. Makanan yang awalnya berfungsi sebagai snack atau makanan ringan, kini sudah beralih fungsi sebagai hidangan berat.

    Ada berbagai jenis usaha kecil menengah dengan menu martabak sebagai primadonanya. Salah satunya adalah Markobar. Kedai martabak milik Gibran, putra sulung Presiden Indonesia, Jokowi ini sangat ramai dikunjungi penikmat martabak setiap harinya. Bahkan tak jarang deretan ojek online memenuhi tempat ini untuk mengantar pesanan para pelanggan. Selain Markobar. Kedai martabak lainnya yang juga jadi incaran pecinta kuliner adalah Martabakku Menteng, Martabak Blackpool, dan Kedai Sugoi.

    Fenomena martabak dengan variasi topping saat ini memang digemari masyarakat Indonesia. Sudah tak zaman lagi martabak hanya beratapkan coklat, keju dan kacang saja. Kini penggemar martabak menyukai inovasi topping baru seperti rasa Ovomaltine, matcha, hingga coklat Toblerone.

    Di samping martabak, inovasi kuliner juga merambah pada konsep kafe dan restoran. Menjual suasana adalah salah satu daya tarik pemilik resto atau kafe untuk mengundang pelanggan. Untuk itu, restoran atau kafe dengan konsep unik mumpuni saat ini menjadi trend dan pasti selalu ramai dipadati pengunjung.

  2. Teknologi

    Usaha kecil menengah yang juga merasuki pasar Indonesia tahun ini ialah bisnis berbasis teknologi seperti bisnis online misalnya. Bisnis online masih bergema tahun ini bahkan semakin meningkat karena permintaan pasar dari sabang sampai merauke. Bisnis online makin berkembang seiring makin maraknya startup bertema e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Elevenia dan lainnya.

    Startup e-commerce tersebut juga membantu UKM dalam memasarkan produknya. Dengan menjadi anggota, para UKM bisa dengan mudah menjajakan jualannya dan bertemu dengan konsumen tanpa harus berusah payah promosi. Pun, dengan cara ini lebih ekonomis dan efisien.

    Bisnis ini sepertinya tak akan lekang oleh zaman, bahkan kini toko konvensional juga mulai beralih ke bisnis online karena dinilai lebih cepat menjangkau dan diakses oleh pasar. Salah satu hal yang melatarbelakangi adalah pesatnya perkembangan teknologi yang makin memudahkan pelanggan untuk mendapatkan suatu barang tanpa harus keluar rumah. Dan ini membuat konsumen lebih nyaman dan aman dalam mendapatkan kebutuhan mereka. Apalagi berbagai kebutuhan yang Anda perlukan kini sudah dijual lewat online.

  3. Waralaba

    Bisnis waralaba tahun 2016 masuk dalam daftar peluang usaha berkembang. Bisnis ini mulai eksis sekitar tahun 2010-an dan hingga kini makin bertumbuh. Beberapa bisnis waralaba berskala besar contohnya adalah Indomaret dan Alfamart. Sementara usaha waralaba skala kecil sangat banyak namun yang paling digandrungi adalah usaha makanan dan minuman. Tahun lalu jenis usaha kuliner seperti Capuccino Cincau dan Tahu Jeletot ramai dipilih karena mudah sekali ditemukan di jalanan.

    Sementara untuk tren tahun ini, usaha waralaba kuliner yang bisa dipilih untuk menjadi pebisnis UKM adalah Es Pasco, Semerbak Coffee, Cendol Keraton dan masih banyak lagi. Selain waralaba kuliner, Anda juga bisa memilih waralaba di bidang jasa seperti waralaba laundry, jasa pendidikan dan pelatihan, serta jasa kesehatan dan kecantikan. Untuk memulai bisnis waralaba, Anda bisa mengumpulkan modal minimal Rp 3 juta, dan apabila belum memiliki modal bisa mengajukan pinjaman online melalui website Aturduit. [Hern/ADC]

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *