PKK Berikan Advokasi Pada Pengelola PAUD

Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (27 April 2012) memberikan advokasi pada pengelola PAUD binaannya. Kegiatan advokasi pada para pengelola PAUD ini menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan dan dari Himpaudi.

Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Pekalongan Hj Tutik Djoko Pranowo SH MSi membacakan sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Ir. Hj. Arini Antono, menyatakan menyambut baik kegiatan Advokasi Pengelola PAUD sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, serta sebagai ajang silaturahmi bagi pengelola PAUD.

Masa usia dini (0-6 tahun) merupakan golden age. Pada usia tersebut, merupakan masa yang penting untuk mengembangkan seluruh aspek kepribadian anak. “Oleh karena itu, maka tepat kiranya bila pemerintah menetapkan Pendidikan Anak Usia Dini sebagai pasal tersendiri dalam UU Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yakni dalam pasal 28,” terang dia.

Advokasi Pengelola PAUD pada hari itu diselenggarakan mengingat pentingnya pendidikan usia dini dan pengelola merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan. Disebutkan, jumlah PAUD binaan PKK saat ini 220 unit. “Pengelola yang juga sebagai pendidik dituntut bisa mengelola lembaga PAUD agar dapat memberikan pendidikan yang profesional dan dapat mengembangkan PAUD yang dikelolanya menjadi PAUD yang mempunyai akreditasi baik,” tutur Tutik.

Sehubungan dengan hal tersebut, Tutik berpesan agar peserta mengikuti dengan sungguh-sungguh kegiatan Advokasi Pengelola PAUD untuk menambahkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola PAUD di wilayah masing-masing.

Dia juga berpesan agar pengelola PAUD meningkatkan koordinasi dengan Tim Penggerak PKK di tingkat Desa maupun tingkat Kecamatan serta pihak lain yang terkait, sehingga program kerja berjalan lancar dan terbentuk PAUD yang handal.

Selain itu, dia juga meminta agar pengelola PAUD meningkatkan kerja sama dan konsultasi dengan orang tua peserta didik.

Kegiatan Advokasi Pengelola PAUD yang digelar di Aula Lantai 1 Gedung Setda Kabupaten Pekalongan dibuka secara resmi usai sambutan dari Ny. Tutik Djoko Pranowo.[priyadi/dm]

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *