Pesona Wisata Nepal yang Menyihir Dunia

Pesona Wisata Nepal
Pesona Wisata Nepal

Bagi Anda yang hendak mencari tempat liburan di luar negeri yang menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan dengan aktivitasnya yang menantang, Negara Nepal bisa dijadikan tempat berlabuh Anda selanjutnya.

Ya, negara yang meraih kemerdekaannya dari Inggris pada 21 Desember 1923 ini dianggap sebagai negara paling lengkap sebagai pemuas penikmat keindahan alam, karena berbagai jenis pariwisata bisa didapati di Nepal. Tentu saja yang sangat berkaitan dengan alam, lantaran negara ini berada dekat dengan salah satu gunung terbesar di dunia, yakni Himalaya.

Selain wisata spiritual, mendaki gunung, petualangan hobi, wisata air, safari keindahan alam di taman nasional, nilai budayanya yang menarik, hingga hiburan berburu. Semua pengalaman itu bisa Anda temukan di sini.

Jika Anda tertarik untuk berlibur di Nepal, siapkan saja Kartu Kredit Mastercard Anda. Karena siapa tahu ada beragam promo penerbangan yang akan memudahkan keinginan Anda untuk berwisata menyaksikan pesona Nepal yang menyihir dunia berikut ini :

1. Negeri Seribu Kuil

Di luar keindahan alamnya, Nepal juga menjadi negara spiritual. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya kuil-kuil peninggalan bersejarah tempat peribadatan. Saking banyaknya kuil yang terdapat di tempat tersebut, Nepal pun dijuluki sebagai “Negeri Seribu Kuil.”

Di ibukota Nepal, Kathmandu terdapat tujuh kompleks kuil Hindu dan Budha yang sudah berusia ribuan tahun.Kuil dengan ratusan candi tersebut masih terawat dengan baik. Bahkan, hingga kini kuil tua bersejarah di Kathmandu masih digunakan sebagai tempat peribadatan, upacara hingga festival keagamaan.Tak heran, tujuh kompleks kuil di Nepal masuk dalam daftar warisan sejarah UNESCO.

2. Negara Atap Langit

Selain dijuluki “Negeri Seribu Kuil”, Nepal juga mendapat julukan unik lainnya, yakni “Negara Atap Langit”.Julukan ini disematkan karena letak Nepal yang berada di dataran tinggi dunia. Bahkan, jika Anda bisa mencapai beberapa puncak Gunung Himalaya, itu artinya Anda sudah berada di dataran paling tinggi, karena Himalaya merupakan gunung tertinggi di dunia.

Lokasi yang ekstreme tersebut membuat gairah para pecandu kegiatan ekstreme berlomba-lomba untuk mendaki puncak Himalaya. Barupada 1953 beberapa pendaki berhasil menaklukan puncak Everest (bagian dari Himalaya).Tidak hanya karena berada di dataran tinggi, Nepal mendapat julukan “Atap Langit” tapi juga merujuk pada peradaban manusia di Nepal yang sudah berlangsung sangat tua, yakni sejak 9000 tahun lalu. Dengan perjalanan peradabaan setua itu, tidak banyak daratan di dunia ini yang telah dihuni selama seperti di Nepal. Hebatnya lagi, perjalanan peradaban manusia di Nepal terdokumentasikan dalam literatur kuno, termasuk kitab klasik Mahabarata.

3. Mendalami Eksotika Kathmandu di Monkey Temple

Dengan berkeliling di kawasan Kathmandu, parawisatawan akan mudah menemukan kuil-kuil bersejarah. Tapi jika Anda ingin mendapatkan kesan mendalam dari keindahan dan pesona kuil yang ada di Nepal. Jawabanya adalah dengan mengunjungi Kuil Buddha, Swoyambhunnath. Suasana mistis dunia para dewa terpancar di tempat ini, karena memang Kuil Swoyambhunnath berusia sekitar 2000 tahun.

Bukan hanya keindahan bangunan kuil bersejarah yang bisa dinikmati, tapi juga kita bisa melihat keunikan dari monyet-monyet yang hidup di sekitar kuil tersebut. Karena populasi monyet di kuil ini cukup banyak, maka kuil tersebut juga disebut Kuil Monyet atau Monkey Temple.

4. Wisata Jalur Gerilya

Nepal juga memiliki wisata unik, yakni menelusuri jalur gerilya para pemberontak. Wisata unik bisa dipastikan akurat dan tidak mengada-ada, lantaran yang menetapkan mana saja jalur yang menjadi tempat wisata adalah bekas pemimpin kelompok pemberontak Maois di Nepal, yakni Prachanda.

Bukan hanya meresmikan jalur yang akan menjadi tempat wisata, tapi Prachanda juga menyusun panduan mengenai jalur yang membutuhkan waktu perjalanan hingga 4 bulan untuk melewati berbagai wilayah Nepal Tengah dan Barat. Namun ada juga jalur pendek yang hanya memakan waktu 13 hari perjalanan dalam wisata tersebut.

Wisatawan bisa melihat tempat persembunyian para pemberontak dulu di sepanjang jalur wisata. Bahkan Pranch juga menuliskan secara detail perlawanan yang terjadi dalam konflik yang menelan korban hingga 16.000 jiwa tersebut. Jalur tersebut merupakan area tempat kelompok Maois melakukan perlawanan pada pemerintah Nepal sejak pertengahan 1990-an hingga kesepakatan damai terjadi pada 2006 silam. Bahkan Prachanda tidak hanya menjadi guide di lapangan saja, ia pun menuliskan buku panduan wisata gerilya tersebut dalam bukunya ‘Guerilla Trek’. Penulisan buku panduan ini dibantu oleh seorang penulis Amerika Serikat, Alonzo Lyons.

5. Brigade Gurkha, Suku Asli yang Gemar Berperang

Tidak lengkap jika mendatangi Nepal namun tidak mengenal suku asli yang mendiami negara tersebut. Ada dua suku asli di Nepal yakni, Sherpa yang dikenal sebagai suku pendaki yang kini menjadi pemandu bagi para petualang yang ingin mencapai puncak Himalaya dan Suku Gurkha yang dikenal suka berperang.

Suku gurkha sangat terkenal dengan kemampuan berperangnya yang alamiah, agresif di medan pertempuran, tidak takut mati, setia dan tangguh menghadapi berbagai medan –fisik yang kuat dan pekerja keras. Sehingga tidak heran jika Gurkha sangat disegani kawan dan ditakuti lawan. Hal itulah yang membuat kolonial Inggris ketika menduduki Nepal berkeinginan untuk merekrut suku gurkha menjadi pasukannya.

Itulah pesona wisata Nepal yang menyihir dunia dengan keajaibannya. Jika Anda hendak berlibur kesana, Anda bisa menggunakan maskapai penerbangan Jetstar. Kabar baiknya, saat ini maskapai Jetstar sedang memiliki promo khusus hingga 29 Februari 2016. Dapatkan cashback Rp100.000 setiap hari Jumat untuk pemesanan tiket dengan menggunakan Kartu Kredit BII Maybank untuk 500 orang pertama yang melakukan klaim. Manfaatkan juga cicilan 0% dan nikmati liburan lebih hemat dengan menukarkan TREATS Points. Jadi pastikan Anda sudah memiliki Kartu Kredit Maybank ya. ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *