Peran Pemerintahan Desa dalam Pengelolaan Sungai 1


Peran Pemerintahan Desa dalam Pengelolaan Sungai

Peran Pemerintahan Desa dalam Pengelolaan Sungai (Ketua dan Anggota BPD Ciburial beserta perangkat Desa Ciburial menelusuri Sungai Cidurian Desa Ciburial dari hilir ke hulu pada kegiatan survei dan pemetaan tahun 2015)

Peraturan desa (Perdes) terkait pengelolaan sungai dimungkinkan untuk diterbitkan oleh pemerintahan desa. Peran pemerintahan desa sangat strategis dalam pengelolaan sungai, khususnya dalam hal penataan bangunan di sepanjang sungai, pembuangan limbah ke sungai, maupun konflik terkait pemanfaatan sungai.

“Sampai sekarang di Kabupaten Bandung belum ada Perdes pengelolaan sungai, padahal kondisi sungai sudah kritis,” ukap Aam Suherman, Fasilitator Pengelolaan Sungai dari Badan Pengendalian Bencana Daerah Kabupaten Bandung, pada kegiatan sosialisasi pengelolaan sungai di Bale Sawala, Rabu 5 Oktober 2016.

Lebih lanjut Aam mengatakan, kondisi sungai-sungai di wilayah Kabupaten Bandung kurang baik sehingga kerap meluap airnya dan menggenangi perumahan warga. “Demikian pula dengan limbah dan sampah yang memenuhi sungai. Banyak juga bangunan yang berdiri di sempadan bahkan di atas sungai,” kata Aam.

Pemerintah desa, kata Aam, bisa mengatur keberadaan sungai agar masyarakat tidak membangun rumah atau tempat usaha di sempadan apalagi di atas sungai. “Pembangunan rumah-rumah juga diatur dengan menghadap sungai bukan membelakangi sungai. Dengan rumah menghadap sungai akan membuat warga peduli untuk merawat sungai,” katanya.

Demikian pula dengan perawatan sempadan sungai dengan ditanami penghijauan yang bisa bermanfaat untuk masyarakat. “Bisa jadi sepanjang sempadan sungai ditanami buah-buahan seperti jambu atau mangga yang hasilnya bisa mengangkat ekonomi warga,” jelas Aam.

Berikut ini beberapa Foto Dokumentasi (akan selalu diperbaharui) kegiatan terkait pengelolaan sungai di Desa Ciburial Kec. Cimenyan Kab. Bandung:

Kegiatan Survei Lapangan di Kawasan Sungai Cidurial pada Kegiatan Pemetaan Desa

Kegiatan Meperingati Hari Air Sedunia di Kawasan Sungai Cikapundung

Informasi Terkait:


Tentang Desa Ciburial

Desa Ciburial merupakan salah satu desa di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Desa ini merupakan desa yang berada paling utara di Kabupaten Bandung. Berbatasan langsung dengan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat


Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Satu pemikiran di “Peran Pemerintahan Desa dalam Pengelolaan Sungai