Pengobatan Massal Filariasis di Desa Ciburial Tahun 2010

Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung menjawalkan pelaksanaan pengobatan massal filariasis atau penyakit kaki gajah tahun 2010 pada hari Sabtu tanggal 11 Desember 2010. Pelaksanaan pengobatan massal filariasis tersebut akan dilaksanakan di setiap RW (Pos Minum Obat di Setiap RW se Desa Ciburial).

Pengobatan massal filariasis adalah pemberian obat kepada semua penduduk di daerah endemis filariasis dengan DEC, Albendazole dan paracetamol sesuai takaran, setiap tahun sekali minimal selama 5 tahun berturut-turut. Pelaksanaan Pengobatan Masssal Filariasis di Desa Ciburial Tahun 2010 merupakan tahun yang ke-2.


Sekilas tetang Filariasis

Filariasis (penyakit kaki gajah) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Akibatnya penderita tidak dapat bekerja secara optimal bahkan hidupnya tergantung kepada orang lain sehingga memnjadi beban keluarga, masyarakat dan negara.

Penyakit ini dapat merusak sistem limfe, menimbulkan pembengkakan pada tangan, kaki, glandula mamae dan scrotum, menimbulkan cacat seumur hidup serta stigma sosial bagi penderita dan keluarganya. Di Indonesia penyakit Kaki Gajah tersebar luas hampir di Seluruh propinsi.

Untuk melihat gambar-gambar penyakit filariasis silakan KLIK DI SINI.

9 pemikiran di “Pengobatan Massal Filariasis di Desa Ciburial Tahun 2010”

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *