Kegiatan Peduli Hulu Sungai Cikapundung

Kegiatan Peduli Hulu Sungai Cikapundung

Sungai merupakan sumber air yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Sungai juga menjadi jalan air alami untuk dapat mengalir dari mata air melewati berbagai alur sungai menuju samudera, danau, laut atau ke sungai yang lain secara dinamis.

Kedinamisan aliran sungai sangat dipengaruhi oleh faktor cuaca, karakteristik aliran sungai dan pola hidup masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar sungai. Kualitas dan kuantitas sungai sangat dipengaruhi oleh perubahan-perubahan iklim sesuai dengan perkembangan lingkungan yang terjadi dan pola hidup masyarakat sekitar sungai.

Faktor-faktor tesebut menghadirkan keterkaitan interaksi antara komponen yang satu dan komponen yang lainnya. Bila interaksi beberapa komponen tersebut mengalami gangguan maka akan terjadi perubahan kondisi yang menyebabkan ekosistem menjadi tidak seimbang. Dengan kata lain, pencemaran di hulu sungai akan menyebabkan biaya sosial di hilir sungai dan pelestarian di hulu sungai akan bermanfaat di hilir sungai.

Sama halnya dengan Sungai Cikapundung yang memiliki panjang 28 KM, dimana daerah hulunya melalui Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda sepanjang 10 KM, kemudian membelah Kota Bandung sepanjang 15,5 KM melintasi 7 Kecamatan, 15 Desa/Kelurahan, dan 12 anak sungai, kini kondisinya sangat menghawatirkan dengan banyaknya sampah dan kotoran hewan yang dibuang ke sungai. Ditambah dengan belum adanya penanganan dari sedimentasi Sungai Cikapundung yang memberikan dampak negatif pada kawasan di sekitar sungai.

Berdasarkan hal tersebut, Perkumpulan Pemuda Ciburial (P2C) membentuk suatu unit kegiatan, yaitu Peduli Hulu Sungai Cikapundung. Unit kegiatan tersebut mengajak semua pihak terkait, baik Pemerintah dan masyarakat ataupun pihak swasta (perusahaan-perusahaan) untuk peduli terhadap lingkungan dan kebersihan sungai, serta untuk turut serta berpartisipasi dalam mendukung rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh unit kegiatam Peduli Hulu Sungai Cikapundung Perkumpulan Pemuda Ciburial (P2C).

Alur Pencemaran Sungai Cikapundung

Alur Pencemaran Sungai Cikapundung

Rencana Kegiatan Peduli Peduli Hulu Sungai Cikapundung

1. Penanganan Sampah di Kolam Pakar (PLTA Bengkok)

  • Penanganan sampah di Kolam Pakar (Penjaringan dan Pengolahan dengan mesin)
  • Pembentukan Bank Sampah tingkat Desa dan Tingkat RW
  • Pembinaan / Sosialisasi terhadap Masyarakat di hulu Sungai Cikapundung

2. Penanganan Sedimentasi

  • Penanganan sedimentasi dari hulu Sungai Cikapundung (meliputi pembuatan parit / penanaman pohon di sempadan sungai )
  • Pembinaan / sosialisasi terhadap masyarakat (kelompok tani) di hulu Sungai Cikapundung

3. Penanganan Kotoran Ternak

  • Pembinaan / sosialisasi terhadap masyarakat (kelompok ternak) di hulu Sungai Cikapundung
  • Pembuatan / Installasi Bio Gas dari kotoran sapi

— *** —

Informasi lembih lanjut mengenai pelaksanaan kegiatan Peduli Hulu Sungai Cikapundung :

Perkumpulan Pemuda Ciburial (P2C)
Sekretariat : Jl. Dago Pakar Barat I No. 130B Telp. 082129992404 – 087722525554
E-mail : perkumpulanpemudaciburial@gmail.com

— *** —

Informasi Terkait:


Tentang Desa Ciburial

Desa Ciburial merupakan salah satu desa di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Desa ini merupakan desa yang berada paling utara di Kabupaten Bandung. Berbatasan langsung dengan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *