Harga Sepeda Bukan Faktor Utama Kenyamanan Bersepeda, Namun Beberapa Hal Ini Penentunya!

Harga Sepeda Bukan Faktor Utama Kenyamanan Bersepeda, Namun Beberapa Hal Ini Penentunya!

Hidup sehat bukan dicapai dengan cara yang praktis dan mudah, namun bisa didapatkan dengan usaha yang keras. Salah satunya adalah dengan berolahraga. Olahraga yang rutin terbukti mampu meningkatkan kesehatan, memberi dampak positif untuk tubuh dan bisa membuat masa tua dilalui dengan sehat. Salah satu olahraga yang banyak memiliki peminat adalah olahraga bersepeda. Untuk bersepeda, kini sudah banyak tersedia toko sepeda yang menawarkan harga sepeda dengan sangat variatif yang pastinya bisa disesuaikan dengan dompet Anda. 

Harga Sepeda Bukan Faktor Utama Kenyamanan Bersepeda, Namun Beberapa Hal Ini Penentunya!
Harga Sepeda Bukan Faktor Utama Kenyamanan Bersepeda, Namun Beberapa Hal Ini Penentunya!

Dalam bersepeda, Anda-lah yang akan menjadi pemimpin untuk diri sendiri dalam mengatur rute, jarak tempuh serta medan yang akan dilalui nantinya. Untuk pemula atau untuk olahraga ringan, maka Anda bisa memilih bersepeda di sekitar kawasan komplek rumah atau sekitaran kota dengan medan jalan yang halus serta tidak terlalu menanjak. Namun untuk mereka yang sudah akrab dengan sepeda, maka medan seperti itu bukan tantangan sehingga kerap mencari rute yang cukup sulit dan medan terjal penuh tantangan. Dengan medan yang sulit, maka akan muncul semangat tersendiri untuk bisa melalui nya.

Beberapa tempat wisata bahkan kini menawarkan paket wisata bersepeda yang memiliki rute khusus yang melewati sawah, pedesaan dan bahkan pegunungan sehingga bisa memberikan pemandangan yang sangat asri dan menenangkan hati. Harga paket wisata tersebut biasanya sudah termasuk dengan tour guide beserta harga sepeda sewanya. Rute yang dilalui juga umumnya cukup jauh, sehingga bagi Anda yang belum terbiasa juga harus mengetahui terlebih dulu teknik dalam bersepeda demi bisa meminimalisir resiko cedera. Untuk itu, agar Anda tetap aman dan senang dalam bersepeda dengan jarak tempuh cukup jauh, maka berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui: 

  1. Pertama, Anda perlu mempersiapkan fisik Anda terlebih dahulu sebelum mengikuti tour ini. untuk itu, beristirahat menjadi hal yang penting sebelumnya. Dengan beristirahat, maka Anda bisa siap dan bugar ketika akan melakukan tour sepeda ini.
  2. Setiap jenis olahraga memerlukan latihan. Untuk itu sebelum memutuskan untuk ikut tour bersepeda dengan jarak jauh, persiapkan tubuh dengan latihan bersepeda paling tidak dengan jarak 2 km setiap harinya. Dengan begitu otot akan lebih terbiasa dan menghindarkan Anda dari cedera saat hari tour tiba.
  3. Selain itu, jangan lupa perhatikan dalam segi konsumsi sehari-hari. Makanan sehat haruslah menjadi santapan Anda sehari-hari, terutama makanan dengan tinggi serat. Hal ini lantaran bersepeda, apalagi jarak jauh, bisa menguras energi yang cukup banyak sehingga Anda bisa memberikan asupan lebih untuk tubuh dengan cara makan buah dan sayur dalam jumlah yang lebih banyak.
  4. Perhatikan juga kondisi sepeda yang akan Anda gunakan selama tour, baik menggunakan sepeda sendiri atau hanya menyewa. Cek tekanan angin, rem dan semuanya. Selain itu, posisikan gear sepeda dengan benar sehingga ritme tenaga yang dikeluarkan selama perjalanan bisa lebih diatur.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda persiapkan jika berencana untuk mengikuti tour wisata atau tour bersama pecinta sepeda lainnya. Dalam perjalanan panjang seperti ini, harga sepeda yang mahal saja bukan menjadi patokan utama dalam kenyamanan perjalanan. Namun kenyamanan dalam perjalanan bisa didapatkan dengan mempersiapkan fisik dan mental sebelumnya. Dengan kesiapan fisik, mental, maupun sepeda, maka diharapkan perjalanan akan lebih aman dan nyaman untuk Anda dan rombongan. ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *