Festival Desa Ciburial #1 Cifest

Festival Desa Ciburial atau Ciburial Festival (Cifest) sebuah perhelatan yang digawangi oleh Karang Taruna Padu Selaras Desa Ciburial akan segera digelar pada Oktober 2012 mendatang. Kegiatan yang merupakan kali pertama di gelar pada tahun 2012 ini merupakan festival #1 (pertama) yang selanjutnya akan di gelar pada setiap tahun. Nantinya akan ada Festival #2 , #3, #4 dan seterusnya.

Festival Desa Ciburial merupakan sebuah kemasan kegiatan yang terdiri dari berbagai acara atau kegiatan yang sebetulnya sudah biasa dilaksanakan di Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung pada setiap tahunnya.

Kegiatan-kegiatan seperti, karnaval dan lomba kreasi jampana (pertanian, inovasi pembangunan, dan kreativitas), Pekan Olah Raga Desa Ciburial (Pordes-DC), Pentas Atraksi Seni Budaya dan Kreativitas Warga Ciburial merupakan kegiatan yang sudah menjadi agenda kegiatan tahunan Pemerintah Desa Ciburial. Pada tahun 2012 ini, agenda kegiatan tahunan tersebut diintegrasikan atau dikemas ke dalam satu kegiatan, yaitu Festival Desa Ciburial.

Ciburial Festival (Cifest) yang akan dilaksanakan pada tahun ini rencananya berisi rangkaian kegiatan, diantaranya sebagai berikut:

– Pagelaran / Atraksi Seni Budaya;

Kegiatan Pagelaran / Atraksi Seni Budaya akan diisi dengan bebrbagai atraksi kesenian dan budaya warga Desa Ciburial, seperti pagelaran Upacara Adat Sunda (Lengser), Pentas Seni Calung, Kacapi Suling, Karinding, Pencak Silat, Jaipongan, Rampak Kendang, Rampak Celempung, Pop Sunda, dan lain-lain.

– Pameran / Bazaar;

Kegiatan Pameran / Bazaar akan diisi dengan kegiatan pameran/bazaar produk/jasa (hasil pertanian, kuliner, gatronomi, handycraftm dll.) yang ada di wilayah Desa Ciburial dan sekitarnya, serta undangan dan pihak sponsor kegiatan, selain itu, kegiatan Pameran / Bazaar juga akan diisi dengan klinik-klinik dari lembaga/komunitas/instansi/dinas yang ada di Desa Ciburial dan sekitarnya.

– Turnamen;

Kegiatan Turnamen akan diisi dengan kegiatan Pekan Olah Raga Desa (Pordes), yaitu pertandingan olah raga (Bola Volly, Tenis Meja, Bulu Tangkis, dan Catur) antar RW se Desa Ciburial. Selain itu, kegiatan turnamen juga akan diisi dengan Turnamen Terbuka (Bola Volly, Tenis Meja, Bulu Tangkis, dan Catur) se Bandung Raya (Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat).

– Promosi Potensi Desa;

Kegiatan Promosi Potensi Desa akan diisi dengan kegiatan Pemilihan Duta Wisata yang dikemas dalam kegiatan yang diberi tajuk Pemilihan Mojang Jajaka (Moka) se Kecamatan Cimenyan. Selain itu, Kegiatan Promosi Potensi Desa juga akan diisi dengan kegiaan open klinik dari Stakeholder Pariwisata di wilayah Desa Ciburial (Kompepar, dan Desa Wisata Mandiri Desa Ciburial).

– Dan Kegiatan Lainnya.

Kegiatan Lainnya diantaranya adalah workshop/pelatihan singkat, Baksos (Cek Kesehatan, dan Pengobatan Gratis).

Kegiatan Ciburial Festival (Cifest) sendiri digagas pada bulan Agustus 2012, dan akan dilaksanakan pada bulan Oktober yang dalam momentum Bulan Bhakti Karang Taruna sekaligus dalam upaya menggali kembali nilai-nilai semangat yang terkandung dalam semangat Sumpah Pemuda. ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *