Desa Peradaban Sudah Siap Menerima Dana Bantuan

Dua dari 100 desa yang mendapatkan bantuan untuk program desa peradaban yakni desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat serta Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung mengaku segala perlengkapan administrasi dan sumber daya manusia sudah disiapkan agar bantuan tersebut tepat sasaran.

Kepala Desa Nagrog, Aa Kartiwa mengatakan, sudah membuat program-program khusus yang diprioritaskan agar masyarakat bisa merasakan langsung dampak dari dana bantuan tersebut. Misalnya perbaikan dan pembuatan infrastruktur jalan, pembangunan puskesmas pembantu, serta pembangunan sarana olah raga.

“Untuk perbaikan dan pembuatan infrastruktur jalan misalnya, pembuatan gang di setiap RW agar masyarakat bisa menggunakan akses lebih mudah. Total pembuatan gang mencapai 18 RW yang panjangnya mencapai sekitar 2 kilometer. Selain itu, perbaikan jalan sepanjang 2 kilometer, jadi total untuk infrastuktur jalan mencapai 4 kilometer. Sedangkan kesehatan akan dibangun puskesmas pembantu di Desa Nagrog, dekat dengan kantor desa,” katanya, saat ditemui “PRLM”, Kamis (2/9).

Hal serupa dikatakan Lurah Cikole, Adang Sobana, bahwa masyarakat sangat mengharapkan sekali dari program pemerintah provinsi tersebut. “Masyarakat terus menagih ke saya, padahal dana tersebut belum cair. Akan tetapi sekarang saya bisa memberikan ketenangan kepada masyarakat karena harapan mereka bisa terlaksana,” katanya.

Menurut dia, ada sembilan program yang akan menyerap dana dari pemerintah provinsi tersebut. “Mulai dari infrastruktur jalan, perbaikan kantor desa, sarana olah raga, pendidikan, kesehatan, perekonomian, keagamaan, serta sarana pemerintahan desa,” katanya.

Sementara itu menurut warga di Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Acih (65) mengatakan, setiap jumat Lurah Cikole selalu memberi tahu laporan kepda masyarakat mengenai kemajuan di desanya. “ Sekarang Lurah selalu perhatian kalau terjadi sesuatu pada masyarakatnya,” katanya.

Sumber: Pikiran Rakyat, Jum’at, 03 September 2010

2 pemikiran di “Desa Peradaban Sudah Siap Menerima Dana Bantuan”

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *