Daftar Peralatan Medis Wajib untuk Rumah Tangga

Daftar Peralatan Medis Wajib untuk Rumah Tangga

Hampir semua instansi atau bahkan sebuah rumah tangga biasa akan membutuhkan alat medis. Daftar peralatan medis yang ada memang sangat banyak, namun untuk rumah tangga biasa, tentunya tak semua harus dipenuhi, karena sebenarnya tujuan menyimpan alat media itu sendiri adalah guna pertolongan pertama beberapa jenis masalah kesehatan sederhana, seperti diantaranya luka luar pada kulit hingga demam dan juga flu, sehingga Anda tak harus membawanya ke rumah sakit.

Dari beberapa jenis yang ada, berikut ini daftar peralatan medis yang wajib untuk dimiliki dalam rumah tangga, diantaranya adalah:

  1. Thermometer, menyediakan thermometer di rumah termasuk dalam kewajiban, alat ini digunakan dalam melihat suhu tubuh. setidaknya untuk beberapa masalah kesehatan semacam demam Anda bisa mendiagnosanya sendiri dari thermometer tersebut.
  2. Masker, masker ini berguna untuk mencegah persebaran penyakit yang berasal dari udara, juga berfungsi untuk mengatasi alergi, bagi Anda yang memiliki masalah dengan lingkungan berdebu. Pemakaiannya cukup dengan sekali pakai. Untuk itu sediakan dalam jumlah banyak di dalam rumah.
  3. Kasa, kain kasa digunakan untuk membalut luka, namun hanya jenis luka luar dan tak begitu parah. Tentunya Anda bisa melakukan pertolongan pertama dengan menggunakan alat tersebut bukan.
  4. Obat merah, cukup populer dengan berbagai merk, obat ini termasuk dalam antiseptik untuk luka goresan di luar.
  5. Alkohol, cukup gunakan dengan prosentase 70%, cukup untuk sterilkan luka sebelum diobati. Alkohol juga termasuk cairan yang sangat penting untuk membersihkan alat-alat kesehatan yang Anda miliki.
  6. Plester, tentunya jenis plester yang digunakan adalah untuk menutupi luka . bagi Anda yang memiliki anak kecil sebaiknya sediakan dalam jumlah banyak.
  7. Obat penahan rasa sakit, apapun jenis penyakitnya, namun setiap orang biasanya hanya konsumsi obat untuk menahan rasa sakit
  8. Obat penurun panas atau demam, berguna untuk keadaan darurat, apalagi saat salah satu anggota keluarga Anda mengalami demam di malam hari.
  9. Minyak angin, selain bisa digunakan sebagai aroma terapi, minyak angin juga dapat menghangatkan tubuh di saat suhu udara dingin.

Dari semua jenis alat kesehatan tersebut, setidaknya dalam rumah memilikinya untuk keadaan darurat. Namun simpanlah di tempat yang tepat agar tak disalahgunakan oleh anak-anak. Berikut ini juga ada sedikit informasi bagi Anda bagaimana cara merawat alat kesehatan secara tepat, yaitu:

Pastikan bahwa kasa, plester dan juga masker hanya digunakan sekali saja, selesai digunakan maka Anda bisa langsung membuangnya untuk mencegah penularan penyakit.

  1. Periksa secara berkala tanggal kadaluarsa obat-obatan yang ada di dalamnya. Patut untuk diketahui juga bahwa Anda dilarang untuk membuang obat-obatan kadaluarsa di tempat sampah. Biasanya ada sampah khusus yang digunakan dalam pembuangannya. Karena limbah obat memang tak bisa dengan mudah terurai.
  2. Masukkan dalam sebuah wadah atau kotak khusus dan simpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak. Pastikan juga untuk memberi tanda khusus pada botol alkohol agar tak sampai diminum.
  3. Beberapa alat yang berbahan stainless steel mungkin membutuhkan proses sterilisasi sebelum disimpan agar tak ada kuman atau bakteri yang menempel.

Setidaknya tentunya wajib bagi Anda untuk mengetahui daftar peralatan medis yang sedang menjadi trending dan juga tips penyimpanannya tersebut. Kesehatan keluarga bisa dimulai dari hal yang paling sederhana, yaitu dengan melakukan pertolongan pertama sebelum membawanya ke dokter. ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *