Bermain Sambil Belajar di Pameran IPTEK


Kerusakan lingkungan yang mengakibatkan perubahan iklim adalah isu global yang hingga saat ini ramai diperbincangkan. Untuk memberikan pemahaman apa yang sudah terjadi di alam dan mengingatkan kembali akan kelangsungan masa depan bumi, sebuah pameran teknologi bertemakan lingkungan digelar oleh ?Centre Culturel Français (CCF) di Auditorium Geologi, Jalan Diponegoro. Sebanyak 12 alat peraga didatangkan langsung dari salah pusat ilmu pengetahuan CCSTI d’Orléans.

Pameran bertajukLa Terre Entre Nos Mains” yang berarti Bumi Ada Dalam Genggaman Kita ini adalah sebuah pameran science yang mengacu pada masa depan kelangsungan hidup manusia di bumi ini tergantung pada manusia itu sendiri, bagaimana perilaku kita sebagai manusia untuk menjaga sisa-sisa kehidupan di bumi agar kerusakannya tidak semakin parah.

Ke-12 alat peraga yang ditampilkan terbagi menjadu dua bagian, yakni panel dan display interaktif yang bertujuan untuk menarik para pengunjung khususnya anak-anak. Jadi pada pameran ini bukan hanya bisa memainkan atau melihat alat-alat peraga saja, tapi kita juga bisa mendapat ilmu tentang alam dan apa saja yang dihasilkan oleh alam.

Pemandu Pameran La Terre Entre Nos Mains, Maya Kartika mengatakan, pameran ini memang mengacu pada lingkungan yang ada di bumi, tetapi juga mengangkat perekonomian karena untuk bertahan hidup di bumi, manusia membutuhkan perekonomian yang dihasilkan dari alam.

“Pameran ini bukan hanya mengarah pada lingkungan, tetapi juga perekonomian. Karena untuk bertahan hidup manusia membutuhkan perekonomian yang dihasilkan dari alam, tetapi di sini diarahkan bagaimana kedua komponen antara alam dan perekonomian harus seimbang,” katanya kepada detikbandung.

Pameran yang baru saja digelar, Senin (3/10/2011) hingga Rabu (19/10/2011) mendatang ini ditujukan untuk semua kalangan, namun ditekankan untuk anak muda remaja hingga mahasiswa. Beberapa alat peraga yang ada di sana cukup menarik, sepertio Human and Rice yang menampilkan beberapa beras serta kandungan dan fungsinya bagi tubuh manusia, Fuel Cell yakni peraga yang menunjukkan bahwa molekul air pun mampu menghasilkan listrik, dan Telemedicine untuk mengembangkan teknologi untuk kesejahteraan.***

Sumber: Detik Bandung

Informasi Terkait:


Tentang Desa Ciburial

Desa Ciburial merupakan salah satu desa di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Desa ini merupakan desa yang berada paling utara di Kabupaten Bandung. Berbatasan langsung dengan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *