Bau Membandel di Dapur Bisa Jadi Berasal dari Perabotan Bekas Tempat Beberapa Makanan Ini


Bau Membandel di Dapur

Bau Membandel di Dapur

Bau Membandel di Dapur – Berbagai sajian menu makanan yang ada di sekitar memiliki bahan baku yang berbeda-beda tentunya. Ada bahan makanan yang mudah untuk dibersihkan saat mencuci piring dan tidak meninggalkan bau, namun juga ada beberapa makanan yang meninggalkan bau membandel di wadahnya serta sulit untuk dicuci. Aroma yang kurang sedap ini kerap kali tertinggal di piring atau bahkan peralatan memasak yang lainnya sehingga menimbulkan bau membandel di dapur.

Adanya bau menyengat dan membandel di dapur ini tentu akan menjadikan kegiatan para ibu rumah tangga yang kerap di dapur akan terganggu bukan ? Sementara kadang kala tidak diketahui adanya bau yang menyengat di dapur bersumber darimana. Nah, oleh sebab itu para ibu rumah tangga yang sering merasakan dapurnya beraroma tak sedap dan sering kali tidak mengetahui asalnya darimana, coba kenali beberapa bahan masakan di bawah ini yang kemungkinan besar akan meninggalkan bau di piring, mangkok, ataupun perabotan rumah tangga yang lainnya. Jika sudah mengetahui beberapa makanan yang kerap meninggalkan bau membandel pada wadah yang telah ditempatinya, ibu dapat menyingkirkan bau membandel di dapur dengan segera membersihkannya. Berikut ini ulasannya.

Bawang

Bawang adalah salah satu bahan makanan yang memiliki aroma menyengat dan ini menyisakan bau juga pada wadah yang sudah ditempatinya. Segala macam bawang, baik bawang merah, putih, ataupun bombay, sama-sama memiliki aroma yang kurang sedap. Saat ibu sedang mengiris bawang di atas telenan dan tidak segera mencuci yang kemudian ibu merasakan ada aroma tak sedap di dapur, cobalah untuk memeriksa telenan tersebut. Karena bisa jadi bau membandel di dapur disebabkan oleh telanan bekas mengiris bawang yang belum dicuci setelah dipakai.

Daging, Seafood dan Telur

Makanan-makanan yang ada di Indonesia begitu banyak yang berbahan dasar daging, seafood, juga telur. Rasanya yang enak menjadikan banyak orang memilih bahan-bahan ini untuk dimasak. Namun, dibalik olahan lezat makanan yang berasal dari daging, seafood ataupun telur, wadah yang telah ditempati oleh makanan-makanan tersebut kerap kali menimbulkan bau yang tak sedap. Bau amis yang dimiliki oleh bahan-bahan makanan tersebut juga sering kali sulit untuk pergi dari piring.

Ikan Asin dan Ikan Teri

Ikan tentu selalu menimbulkan bau amis dan tidak terkecuali juga ikan asin dan ikan teri. Selain amis, ikan yang telah diolah menjadi ikan asin sering kali menimbulkan bau yang kurang sedap. Maka dari itu, para ibu perlu memperhatikan wadah bekas ikan asin dan ikan teri bisa jadi merupakan asal dari adanya bau membandel di dapur.

Terasi

Terasi, sepertinya satu bumbu masak yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk para ibu rumah tangga, terlebih yang hobi memasak. Bumbu masak yang dibuat dari ikan ataupun udang rebon ini memang sering kali membuat sebuah sajian makanan menjadi lezat. Namun, dibalik kelezatan yang dihadirkan oleh terasi dalam sebuah sajian makanan, bumbu masak yang satu ini juga sering melekat di bekas perabotan dapur yang ditempatinya sehingga meninggalkan bau tak sedap. Mengingat bahwa bahan dasar pembuatannya sendiri berasal dari ikan ataupun udang yang juga memiliki aroma yang amis.

Nah, setelah mengetahui beberapa bahan makanan yang kemungkinan besar menyisakan bau membandel pada wadah yang sudah ditempatinya, para ibu harus dapat segera mengatasi supaya tidak terus-menerus membuat bau membandel di dapur. Cara mengatasinya mudah, anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  1. Seusai memasak, simpanlah masakan yang telah jadi tersebut pada tempat yang aman.
  2. Bersihkan perabotan dapur bekas mengolah masakan tersebut
  3. Cucilah dengan bersih dan untuk menghilangkan bau membandelnya, anda dapat memakai jeruk nipis, cuka ataupun baking soda. Jika ingin yang lebih praktis lagi, anda dapat memakai Sunlight Anti Bau yang memiliki kandungan jeruk nipis dan teh hijau yang ampuh untuk menghilangkan bau membandel pada perbotan dapur anda
  4. Pastikan perabotan dapur yang baru dipakai untuk memasak sudah bersih
  5. Jangan biarkan piring bekas makanan menumpuk di wastafel tempat mencuci piring. Segeralah untuk mencuci dengan memakai Sunlight Anti Bau dan tempatkan dengan rapi di rak.
  6. Jangan lupa untuk membersihkan juga kabinet dapur dengan mengelap memakai kain ataupun spons seusai memasak ataupun mencuci piring
  7. Jika perabotan dapur sudah bersih dan kabinet dapur juga bersih, anda dapat memasang pengharum ruangan alami pada dapur anda agar selalu berorama harum dan kegiatan memasak di dapur akan terasa menyenangkan. Anda dapat menggunakan kulit jeruk yang direbus sebagai pengharum ruangan di dapur yang alami.

***

Informasi Terkait:


Tentang Desa Ciburial

Desa Ciburial merupakan salah satu desa di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Desa ini merupakan desa yang berada paling utara di Kabupaten Bandung. Berbatasan langsung dengan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *