3 Manfaat Mendongeng Bagi Psikologi Anak

3 Manfaat Mendongeng Bagi Psikologi Anak
3 Manfaat Mendongeng Bagi Psikologi Anak

Zaman serba canggih, perkembanganpsikologi anak tidak lagi diperhatikan penuh oleh orang tua. Orang tua hanya memberikan fasilitas yang kebanyakan berupa barang elektonik. Tetapi terkadang tak bermanfaat bagi anak. Kegiatan yang dahulu kerap di berikan oleh orang tua kepada anak dan dianggap menyenangkan bagi anak tak lagi populer bagi masyarakat kita seperti mendongeng cerpen anak.

Anak sejak bangun tidur hingga tidur lagi menghabiskan waktunya dengan belajar di sekolah. Belajar berbagai hal eksata dan bahasa. Sehabis pulang dari sekolah, anak menghabiskan waktu untuk nonton televisi dengan berbagai acara. Yang kebanyakan tak cocok dan tak baik bagi perkembangan anak. Dan ketika bosan dengan acara televisi anak akan pindah ke main game.

Manfaat Mendongeng Bagi Perkembangan Anak

Padahal, kegiatan mendongeng jauh lebih bermanfaat ketimbang hanya memberikan fasilitas media elektronik bagi anak. Setidaknya mendongeng memiliki beberapa manfaat penting bagi anak, berikut di antaranya:

  1. Pertama, mengasah daya pikir dan imaginasi anak. Ketika kita bercerita dongeng kapada anak. Anak akan seolah masuk dalam cerita yang kita bawakan. Lebih-lebih anak dapat membayangkan bagaimana jalan ceritanya. Anak akan menfisualisasikan sendiri tokoh dalam cerita dan keadaan-keadaan yang meliputi cerita. Hal ini tentu berbeda dengan televisi yang sudah menyediakan audio dan vidio. Tentu imaginasi anak akan sangat terbatas jika menonton televisi. Jadi jika anda menginginkan perkembangan daya pikir anak baik dan optimal, ada baiknya anda berdongeng kepadanya.
  2. Menanamkan nilai-nilai dan etika pada anak. Dongeng yang kita bawakan kepada anak, pasti memiliki nilai-nilai dan etika yang baik untuk dilakukan oleh anak. Dengan menvisualisasikanya ke bentuk cerita, anak akan cepat menyerap nilai-nilai tersebut. Misalnya kita mengajarkan dalam dongen tentang kejujuran, kerjakaeras, ataupun rendah hati. Anak akan mengingat ceritanya lalu melakukanya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kita dapat menanamkan nilai gosok gigi tiap malam.
  3. Menumbuhkan minat baca. Anak bagai masuk dalam jebakan anda. ketika dia sudah tertarik dengan berbagai cerita yang anda bawakan. Tentu anak punya keinginan untuk mengetahui banyak cerita tanpa harus anda ceritakan. Maka dengan sendirinya anak akan membaca banyak cerita. Hal tersebut juga meningkatkan minat baca anak.

Tidak ada batasan waktu mengenai kapan anak bisa kita beri dongeng. Tetapi semakin dini kita sering bercerita, secara otomatis kita banyak memasukkan pengetahuan baru pada anak. Tentu ini baik untuk perkembangan anak. Sayangnya banyak orang tua yang tak mengerti bagaimana dongeng yang baik dan bagaimana ceritanya.

Untuk itu, orang tua dapat memanfaatkan ceritaanak.org untuk membacakan dongeng pada anak terutama pada ana yang belum bisa membaca. Sementara bagi anak yang sudah bisa membaca, mereka dapat secara langsung mengunjungi website ini. Dimana dalam ceritaanak.org, selain dongeng rakyak. Cerita kiriman dari pembaca juga ada yang biasanya berupa cerpen anak, bahkan juga ada dongeng dalam bahasa inggris. [dt] ***

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *