10 Desa di Kabupaten Bandung Bakal Jadi Desa Wisata

Sepuluh desa di Kabupaten Bandung dalam waktu dekat akan ditetapkan sebagai desa wisata melalui surat keputusan Bupati Bandung. Dengan status ini diharapkan kesepuluh desa itu bisa berkembang menjadi daerah tujuan wisata.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Bandung, Marlan mengatakan, penetapan label desa wisata terutama untuk menggerakan ekonomi di daerah tersebut. “Kami berharap warga memanfaatkan momentum ini dengan memperbaiki kondisi desa mereka, minimal kebersihannya agar lebih ditingkatkan lagi,” kata Marlan di Soreang, Jumat (21/1/2011).

Sepuluh desa itu adalah Desa Alam Endah Kecamatan Ciwidey dengan produk unggulan aneka makanan olahan stroberi, kerajinan tangan, pertanian dan perkebunan, Desa Gambung Kecamatan Pasirjambu dengan aneka makanan olahan stroberi, kerajinan tangan, peternakan, perikanan, pertanian dan seni budaya, Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey dengan peternakan kelinci, pertanian, perikanan dan kerajinan tangan, Desa Lebakmuncang Kecamatan Ciwidey dengan kerajinan tangan, Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan dengan seni budaya, arung jeram, home stay, kuliner, pertanian dan peternakan.

Selanjutnya Kelurahan Jelekong Kecamatan Baleendah dengan seni budaya, seni lukis dan kuliner tradisional, Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan melalui seni budaya dan peternakan, Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi dengan kampung seni, kuliner tradisional, Desa Laksana Kecamatan Ibun dengan kawah Kamojang, seni budaya, kuliner tradisional, peternakan, pertanian dan perkebunan, serta terakhir Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey dengan seni budaya, kuliner tradisional, pertanian dan perkebunan.

Sumber: TribunNews.com

Satu pemikiran di “10 Desa di Kabupaten Bandung Bakal Jadi Desa Wisata”

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *